Cara Mengatasi Telinga Sakit dan Tersumbat karena Flu
ilustrasi

Cara Mengatasi Telinga Sakit dan Tersumbat karena Flu

Minggu, 22 Nov 2020 | 12:28 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernah merasakan telinga bindeng, terasa penuh, atau bahkan sakit saat kena penyakit flu atau pilek? Ini tentu mengusik kenyamanan Anda. Anda jadi kesulitan mendengar suara di sekeliling Anda, bahkan mungkin juga disertai dengan rasa sakit di telinga. Padahal, gejala flu lain, seperti pilek atau bersin-bersin, sudah sangat mengganggu Anda. Jadi, bagaimana flu bisa mengakibatkan telinga tersumbat atau sakit? Bagaimana cara mengatasi rasa tersumbat di telinga karena flu? Simak penjelasan berikut ini.

Mengapa telinga sakit atau terasa tersumbat saat flu atau pilek?

Tahukah Anda bahwa telinga, hidung, dan tenggorokan adalah organ yang memiliki keterkaitan satu sama lain? Jika salah satu dari organ-organ tersebut bermasalah, organ lainnya bisa saja terpengaruh.

Itulah yang terjadi saat telinga sakit atau terasa tersumbat ketika Anda mengalami masalah di hidung, seperti flu atau pilek.

Di dalam tubuh manusia yang sehat, terdapat lendir yang dihasilkan oleh membran mukosa, yaitu jaringan yang melapisi saluran pernapasan, termasuk hidung. Fungsi lendir tersebut adalah untuk menjaga kelembapan dan menyaring kotoran saat menarik napas.

Namun, saat Anda terserang flu atau pilek, terjadi perubahan pada lendir tersebut. Infeksi dari virus atau bakteri dapat menyebabkan penumpukan lendir berlebihan di hidung, serta mengalir ke saluran lainnya yang langsung berhubungan dengan hidung, seperti tenggorokan dan saluran eustachius.

Nah, saluran eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung dan tenggorokan. Cairan dan lendir yang seharusnya mengalir dari hidung ke tenggorokan, malah terjebak di tabung eustachius dan menyumbat telinga.

Akibatnya, Anda pun merasakan sensasi telinga tersumbat dan bindeng karena penuhnya saluran eustachius oleh tumpukan lendir akibat flu dan pilek. Oleh karena saluran ini terhubung juga dengan tenggorokan, Anda juga mungkin akan mengalami rasa sakit di tenggorokan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...