(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Mengolah dan Menyimpan Blueberry

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Cara Mengolah dan Menyimpan Blueberry

Blueberry ! Yap. buah asli Amerika Utara ini kini kian digemari karena manfaat kesehatannya yang luar biasa. Buah mungil berwarna biru ini juga mengandung deretan nutrisi penting yang dibutugkan tubuh.

Bahkan blueberry sejak lama dijuluki sebagai salah satu superfood karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Jika Anda penggemar buah satu ini, Anda perlu tahu cara menyimpan dan mengolah blueberry dengan tepat. Berikut ini tips lengkapnya seperti yang dilansir dari viva.co.id. Yuk di simak !!

Segar

Anda wajib menyimpan buah blueberry segar di dalam lemari es. Tak hanya itu, pastikan Anda mengolah atau mengonsumsinya setidaknya selama 10 hari setelah membelinya. Blueberry segar dapat ditambahkan ke dalam yogurt, oatmeal, saus, salsa, salad dan bahkan diolah menjadi minuman atau makanan seperti es teh, lemonade, cocktail, parfait, kuer tart, pie, dan kue keju.

Beku

Pastikan Anda mencuci buah blueberry dengan air bersih setelah membelinya. Blueberry kemudian dapat kembali dibekukan di lemari es. Buah dalam bentuk beku ini dapat bertahan hingga 10 bulan lamanya. Beberapa hidangan yang daoat dibuat dengan blueberry beku antara lain saus, compote, selai, chutney, burger, sorbet, pancake, french toast, blintze, hidangan penutup panggang dan smoothies.

Kering

Simpan buah blueberry kering di tempat yang sejuk dan kering. Anda bisa menyimpannya hingga 10 bulan. Buah blueberry kering sangat cocok dibuat menjadi energy bar, saus, selai, sirup, sandwich, salad, muffin, roti, scone, kue, biskuit, dan masih banyak lagi.

Bubuk

Jika Anda membeli blueberry dalam bentuk bubuk, pastikan Anda menyimpannya di tempat yang kering. Produk ini bisa disimpan hingga dua tahun jika kemasan belum dibuka dan 12 bulan setelah kemasan dibuka. Bubuk blueberry bisa digunakan untuk membuat hidangan seperti yogurt, smoothie, saus, dressing salad, bumbu daging, sereal, lemonade, cocktail, es krim, truffle, frosting, gelatin, olesan, panna cotta, meringue, dan krim kocok.

Jus

Selalu simpan jus blueberry di lemari es. Namun, jika kemasan belum dibuka Anda bisa menyimpannya di suhu ruangan. Waktu terbaik untuk mengonsumsinya adalah dalam waktu 9 bulan sebelum kemasan dibuka dan selama 10 hari setelah kemasan dibuka. Gunakan jus buah ini untuk membuat agua fresca, lassi, cocktail, es teh, lemonade, cuka, bumbu marinasi, olesan, saus barbekyu, saus tomat, dan saus manis lainnya.

Halus

Di beberapa supermarket, blueberry juga dijual dalam bentuk halus. Anda bisa menyimpannya dengan cara dibekukan di freezer agar dapat tahan hingga dua tahun jika kemasan belum dibuka. Jika Anda sudah membuka kemasan, konsumsi setidaknya dalam paling lama 10 hari setelahnya. Anda bisa mengolah blueberry yang telah dihaluskan menjadi berbagai hidangan seperti saus manis atau gurih, cuka, smoothie, soda, cocktail, lemonade, gelatin, mousse, parfait, kue, isian pie, puding, hidangan penutup beku, dan masih banyak lagi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});