Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

Cara Menjaga Kebersihan Kamar Tidur

WinNetNews.com - Tahukah Anda, kualitas tidur seseorang dapat dipengaruhi dari tingkat kebersihan dan kesehatan kamar tidurnya. Kamar tidur yang kotor, dapat membuat suasana tidur tidak enak dan tidur pun jadi tak nyenyak.

Untuk mencegahnya, lakukanlah beberapa cara ini, yang dikemas langsung dari laman Huffington Post, untuk membantu Anda.

Buang sampah pada tempatnya

Jika kamar tidur banyak sampah, siapa yang bisa tidur dengan nyaman? Pasti tidak ada. Untuk itu, sangatlah penting bagi Anda membersihkan sampah yang berserakan di dalam ruang tidur agar kuman tidak mengendap dan berkembang di kamar Anda. Dengan begitu, kualitas tidur yang baik segera dapat didapatkan.

Cuci perlengkapan kasur

Beralaskan sprei dan bantal yang sudah kotor, seseorang seringkali tersedak atau terbatuk dalam tidur. Bahkan di antaranya ada yang sampai mengeluhkan sesak napas. Hal ini disebabkan oleh bakteri dan partikel buruk udara yang menumpuk di lapisan kain sprei atau sarung bantal yang Anda tiduri. Cegahlah dengan cara mencuci perlengkapan kasur seperti sprei, sarung bantal, dan selimut, agar terhindar dari gejala pernapasan yang sangat menyusahkan.

Bersihkan karpet

Untuk kamar tidur yang beralaskan karpet, kemungkinan bakteri dan kuman yang berkeliaran di udara akan semakin besar. Apalagi jika perawatannya tidak dilakukan dengan benar. Untuk itu, rawatlah kebersihan karpet kamar Anda dengan mencucinya sebanyak 1 kali seminggu. Untuk harian, gunakanlah penyedot debu untuk mengangkat bakteri kotor yang menempel di karpet kamar tidur agar kebersihannya selalu terjaga.

 

Jauhkan dari binatang

Satu lagi yang terpenting dalam menjaga kebersihan kamar tidur ialah dengan menjauhkannya dari jangkauan binatang peliharaan seperti kucing, anjing, maupun hewan lainnya. Hewan peliharaan yang terbiasa menghabiskan waktu di luar rumah, memiliki kemungkinan membawa kuman dan bakteri yang bisa jadi membahayakan bagi kesehatan. Untuk itu, kunci rapat kamar Anda saat bermain dengan hewan. Jangan biarkan bulu dan bakterinya ikut beterbangan.

Keluar dari kamar

Cara yang juga ampuh menjauhkan bakteri dari kamar Anda ialah dengan mengurangi intensitas Anda di kamar. Jejak tapak kaki yang menempel di lantai, jika mengandung kuman, bisa ikut mengendap dan tinggal di kamar tidur Anda. Usahakan untuk melakukan kegiatan di luar kamar, dan hanya gunakan kamar tidur untuk beristirahat dan memejamkan mata yang lelah.

Jadi , rajinlah membersihkan kamar tidur, agar tidurnya senantiasa nyenyak, semoga bermanfaat ya. Selamat  tidur  nyenyak.

di sadur dari situs VIVA