Cara Menyimpan Daun Salam di Rumah Supaya Tetap Segar
ilustrasi

Cara Menyimpan Daun Salam di Rumah Supaya Tetap Segar

Sabtu, 22 Feb 2020 | 09:26 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Daun salam tersedia dalam bentuk segar, kering, dan bubuk. Meski memiliki fungsi yang sama dalam menambah aroma dan cita rasa makanan, proses pengolahan daun salam tentu memengaruhi kekuatan aromanya. Tak hanya itu, cara menyimpan daun salam juga berbeda-beda tergantung bentuknya.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk menyimpan bumbu khas yang satu ini?

Perbedaan daun salam segar dan kering

image0

Daun salam memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam. Satu sendok daun salam mengandung sekitar 5 kalori. Sebagian besar kalori tersebut berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan lemak dalam jumlah kecil.

Daun salam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, vitamin C, serta vitamin B2, B3, B6, dan B9. Sementara mineral pada daun salam di antaranya natrium kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Cara Anda menyimpan daun salam tidak akan mengubah kandungan nutrisinya.

Akan tetapi, dilansir dari lama Heal With Food, daun salam kering memang memiliki kandungan nutrisi dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan daun salam segar.

Satu lembar daun salam segar menghasilkan dua lembar daun salam kering. Ini berarti 100 gram daun salam kering mengandung setengah dari total nutrisi daun salam segar dalam jumlah yang sama.

Selain kandungan nutrisi, aspek lain yang berkurang dari daun salam kering adalah aromanya.

Proses pemanasan dan pengeringan daun salam menghilangkan reaksi kimia yang berperan dalam menimbulkan bau. Akibatnya, aroma alami daun salam pun memudar.

Meski demikian, hal tersebut tidak selalu berarti buruk. Pasalnya, aroma daun salam kering yang samar terkadang dibutuhkan untuk hidangan yang memang tidak beraroma kuat.

Penggunaan daun salam segar secara berlebihan juga tidak disarankan karena dapat merusak aroma masakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...