Cara Merawat Gigi Geraham Belakang Biar Tetap Sehat!
Kebersihan gigi geraham harus tetap terjaga agar tidak menimbulkan berbagai masalah gigi / foto: istimewa

Cara Merawat Gigi Geraham Belakang Biar Tetap Sehat!

Selasa, 8 Agt 2017 | 10:30 | kontributor

winnetnews.com - Bentuk geraham belakang yang memiliki anatomi khusus dan menyulitkan usaha pembersihan gigi, kerap kali menjadi sarang sisa makanan dan plak yang dapat menyebabkan karies atau kerusakan gigi. Tak heran bila lubang gigi paling doyan menyerang geraham.

Karies muncul berupa bercak putih ketika gigi kering seperti kapur pada permukaan gigi dan jika dibiarkan akan membentuk lubang. Faktor sisa makanan yang masih menempel pada gigi yang tidak dibersihkan dengan baik akan menyebabkan suasana mulut menjadi asam. Kondisi pH mulut yang rendah akan menyebabkan reaksi kimia tertentu dan mengakibatkan larutnya mineral-mineral penyusun gigi, sehingga menjadikan gigi mudah berlubang.

Menurut penelitian FKG UI pada 2008-2009, sebanyak 82,49 persen penyakit gigi yang diteliti merupakan penyakit pulpa lanjutan dengan ciri-ciri seperti bengkak dan berdenyut yang terjadi pada gigi bagian belakang, akibat menumpuknya plak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memastikan geraham belakangmu tidak menyebabkan sakit gigi yang menjengkelkan adalah sebagai berikut!

Waktu terbaik membersihkan gigi

Bersihkan gigi satu jam setelah makan. Makanan dimulut membuat mulut menjadi asam, untuk menaikan pH kembali dibutuhkan waktu selama satu jam, sehingga gigi bisa dibersihkan dengan aman. Kondisi pH mulut yang asam akan menyebabkan mineral dalam gigi mudah larut. Jika gigi disikat sebelum kondisi asam tersebut hilang, akan semakin memperparah kondisi gigi.

Memilih sikat gigi

Pilih jenis sikat gigi dengan menggunakan bulu sikat jenis medium. Bulu sikat jenis medium bisa mengangkat plak lebih baik dibandingkan dengan bulu sikat yang soft.

Jenis sikat gigi juga memengaruhi keefektifan dalam membersihkan gigi. Posisi anatomi geraham belakang yang berbeda dengan gigi lain membutuhkan jenis sikat gigi yang mengakomodir kebutuhan tersebut.

Cara menyikat gigi

Cara menyikat gigi masyarakat Indonesia masih banyak yang salah. Padahal cara sikat gigi yang salah dapat menyebabkan banyak penyakit, mulai dari sakit gigi akibat plak yang kurang dibersihkan, hingga gigi sensitif akibat email yang terkikis.

Cara sikat yang benar berupa gerakan atas-bawah untuk deretan gigi seri yang terletak di bagian depan. Kemudian untuk deretan gigi bagian belakang, dapat disikat di sisi samping dengan gerakan memutar. Sedangkan untuk bagian atas gigi geraham, dapat dilakukan dengan gerakan maju-mundur. Waktu optimal untuk melakukan pembersihan plak gigi adalah dua menit untuk keseluruhan kegiatan sikat gigi

Pergi ke dokter gigi

konsultasi dengan dokter gigi secara rutin tiga hingga enam bulan sekali sangat diperlukan untuk menjaga gigimu tetap sehat. jika tidak bisa enam bulan sekali, paling tidak kamu melakukan pemeriksaan gigi secara berkala minimal setahun sekali.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...