(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Mudah Agar Jantung Kamu Tetap Sehat

Oky
Oky

Cara Mudah Agar Jantung Kamu Tetap Sehat Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Banyak cara untuk menyehatkan jantung. Namun, percayakah Anda bahwa dengan tidur selama 6-8 jam bisa menyehatkan organ tubuh yang berfungsi memompa darah tersebut?

Sebuah analisis baru dari 11 penelitian yang mencakup total lebih dari 1 juta orang dewasa tanpa penyakit jantung menunjukkan tidur selama 6-8 jam semalam berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Studi-studi itu diterbitkan dalam lima tahun terakhir.

Para peneliti membandingkan orang dewasa yang tidur antara 6 dan 8 jam dengan yang kurang atau lebih dari itu. Temuan menunjukkan sebanyak 11 persen dan 33 persen lebih mungkin untuk mengembangkan atau meninggal akibat penyakit jantung selama tindak lanjut 9,3 tahun.

"Kami menghabiskan sepertiga dari hidup kami tidur, namun kami hanya tahu sedikit tentang dampak dari kebutuhan biologis ini pada sistem kardiovaskular," kata penulis studi Dr Epameinondas Fountas saat dikutip dari Webmd.

Fountas yang bekerja di Pusat Bedah Jantung Onassis di Athena, Yunani itu mengungkapkan, terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dapat berdampak buruk bagi jantung.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan secara komperhensif lamanya tidur berdampak terhadap kesehatan jantung.

"Tetapi kita tahu bahwa tidur memengaruhi proses biologis seperti metabolisme glukosa, tekanan darah, dan peradangan yang semuanya berdampak pada penyakit kardiovaskular," ungkap Fountas.

"Memiliki tidur malam yang pendek mungkin saja dapat merusak kesehatan, tetapi bukti-bukti terakumulasi bahwa tidur malam yang lama atau tidur berlebihan juga harus dihindari," lanjut Fountas.

Ada banyak cara untuk membentuk kebiasaan tidur yang baik. Diantaranya, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, menghindari alkohol dan kafein sebelum tidur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan aktif secara fisik.

"Mendapatkan jumlah tidur yang tepat adalah bagian penting dari gaya hidup sehat," Fountas menyimpulkan. Laporan itu dipresentasikan hari Minggu di pertemuan European Society of Cardiology di Munich, Jerman.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});