Cara Mudah Hindari Kanker Kulit yang Mematikan

Liani
Jumat, 28 Agustus 2015 10:56 WIB
Oleh Liani pada Jumat, 28 Agustus 2015 10:56 WIB
Image Cara Mudah Hindari Kanker Kulit yang Mematikan

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit. Penyebab kanker kulit berbeda-beda dengan tingkat keganasan kanker yang juga berbeda-beda. Salah satu jenis kanker kulit yang paling ganas adalah melanoma karena dapat menyebabkan kematian.

Melanoma adalah kanker yang terjadi pada melanosit, sel pigmen yang ada di kulit yang menghasilkan melanin.

Cara paling ampuh mengurangi risiko melanoma adalah dengan menghindari paparan langsung sinar UV dari matahari dengan cara sebagai berikut:

1. Hindari terkena matahari pukul 10.00-14.00. Cari bayangan pohon atau bangunan jika kebetulan pada waktu tersebut sedang berada di luar rumah. Ketahuilah, saat bayangan Anda terlihat paling pendek (dibanding bayangan pada waktu yang berbeda), itulah saat matahari paling kuat memancarkan sinarnya.

2. Pakai baju tertutup (tetapi nyaman) saat berada di luar rumah, siang hari. Paling baik adalah pakaian yang terbuat dari katun berwarna putih karena warna putih dapat menangkal sebagian sinar matahari yang mengenai tubuh Anda.

3. Gunakan tabir surya dan pelembab bibir dengan SPF minimal 30. Ulangi pemakaian tabir surya tiap dua jam sekali.

4. Pakai topi lebar untuk melindungi wajah, telinga, dan leher Anda.

5. Gunakan kacamata hitam dengan teknologi yang mampu menangkal 99-100 persen sinar UV. Pilih kacamata yang bentuknya lebar agar semakin banyak kulit area mata yang terlindungi.

Tetap terapkan empat aturan ini meski cuaca mendung. Pasalnya, sinar UV mampu menembus awan yang tebal sekalipun.

Perhatikan jika ada perubahan ukuran, bentuk, warna tahi lalat, atau lesi kulit lainnya, bahkan jika ada tumbuh lesi atau benjolan baru seperti tahi lalat di kulit Anda.

Perubahan tampilan tahi lalat yang hanya berlangsung beberapa hari biasanya bukan melanoma. Namun, jika perubahan berlangsung selama lebih satu bulan, segera temui dokter.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Masih Betah, Harga Emas Antam Tetap di Rp 645 Ribu per Gram

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.