Cara Mudah Memperlancar Menstruasi Tanpa Efek Samping

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Cara Mudah Memperlancar Menstruasi Tanpa Efek Samping Foto: Ilustrasi

Winnetnews.com - Menstruasi memang terkadang membuat perempuan deg-degan. Biasanya menstruasi datang satu kali dalam sebulan, namun tidak menutup kemungkinan bila tubuhmu sedang mengalami perubahan hormon, seperti kelelahan, stres dan lainnya, maka menstruasi bisa datang tak teratur.

Umumnya menstruasi normal terjadi sekitar 28-35 hari, dikutip dari berbagai sumber yang ada, berikut ini ada beberapa tips mudah untuk memperlancar haid tanpa efek samping.

Minum jus wortel

Sayur berwarna orange ini juga sangat baik dalam memperlancar menstruasi lho. Kandungan vitamin C pada wortel berperan penting dalam melancarkan menstruasi. Zat karoten pada wortel menjadi perangsang alami datangnya menstruasi sesuai dengan siklus normal menstruasi kamu. 

Ramuan kunyit

Sejak dahulu, kunyit dikenal sebagai daya tahan tubuh yang baik. Ketika perut kamu terasa sembelit, kram perut, pusing, sampai badmood, kunyit bisa mengatasi semua permasalahan tersebut. Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. 

Minum air hangat

Mengonsumsi air hangat memang sangat baik bagi tubuh. Saat menstruasi kamu juga disarankan minum air hangat sebanyak-banyaknya agar tubuh kembali rileks, jadi pikiran akan lebih tenang.

Jangan beraktivitas berlebihan

Perubahan siklus menstruasi kerap dialami perempuan modern yang memiliki segudang aktivitas. Padatnya rutinitas seharian penuh menguras habis seluruh energi dalam tubuhmu.

Beban pikiran akibat aktivitas berlebih ini bisa mengacaukan kondisi fisik dan mental sehingga membuat siklus menstruasi kamu terganggu. 

 

 

Penulis : Cindy Irma Cicilia
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?