Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Pengguna Kawat Gigi

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Pengguna Kawat Gigi

Kebersihan mulut sangat penting untuk gigi sehat tanpa alat ortodontik, maka menjaga kebersihan akan lebih penting bagi pengguna kawat gigi.

Hal ini jelas karena kuman dan sisa makanan dapat dengan mudah terjebak di antara kawat gigi dan karetnya. Akibatnya, penyakit gusi, gigi berlubang, dan masalah bau mulut akan lebih rentan pada pemilik “gigi besi”.

Melansir okezone, berikut cara merawat gigi bagi pengguna gigi kawat.

Batasi asupan makanan manis

Pemilik gigi besi harus membatasi asupan makanan atau minuman manis. Jika godaan sulit ditahan, maka sangat penting untuk menyikat gigi setelah makan dan bila perlu gunakan benang floss.

Hindari makanan lengket

Hindari makanan keras dan lengket seperti permen karet, es, pretzel, popcorn, pizza, dan kacang-kacangan. Makanan kenyal yang manis dan keras tidak hanya dapat menyebabkan gigi berlubang tetapi juga dapat mematahkan alat ortodontik yang dipasang di gigi Anda.

Batas seringnya asupan makanan

Penting untuk membatasi frekuensi atau jumlah makanan yang Anda asup, terutama makanan dengan gula, untuk mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

Pertahankan diet bergizi

Dengan mempertahankan kebiasaan diet atau makan yang bergizi sehat, Anda dapat memiliki gigi sehat dan senyum indah Anda!