Cara Pilih Asuransi Kesehatan bagi Para Pekerja Lepas
ilustrasi

Cara Pilih Asuransi Kesehatan bagi Para Pekerja Lepas

Kamis, 30 Jul 2020 | 11:35 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Apapun profesi atau pekerjaan yang dimiliki, kesehatan merupakan hal utama yang perlu selalu diperhatikan. Maka tak heran jika asuransi kesehatan menjadi salah satu dari fasilitas yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan bagi para karyawannya, tapi bagaimana dengan para freelancer atau pekerja lepas?

Bagi Anda yang merupakan freelancer atau pernah merasakannya, tentu sudah mengalami keuntungan dan kekurangannya, termasuk dalam hal kesehatan. Untuk itu, agar tetap bisa memiliki kondisi tubuh yang optimal, berikut beberapa tips agar kesehatan para freelancer tetap terjaga dan juga terjamin.

Kesehatan perlu jadi prioritas seorang freelancer

Meski terlihat menyenangkan, menjadi freelancer tidak selamanya mudah atau menguntungkan. Bagi Anda yang mungkin baru akan memulai karier, menjadi freelancer pasti masuk ke dalam pertimbangan.

Dilansir dari laman Foundation of Young Australian, beberapa hal yang perlu benar dipikir matang-matang di antaranya sebagai berikut.

Kelebihan

  • Waktu fleksibel

Kesempatan untuk memiliki work-life-balance lebih besar sehingga mudah menghindari stres yang juga dapat mempengaruhi kesehatan.

  • Lebih dinamis atau tidak membosankan

Salah satu keluhan yang dimiliki pekerja kantoran adalah rasa bosan yang juga dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, sebagai freelancer Anda dapat bekerja dengan beberapa perusahaan atau klien sehingga sering bertemu orang baru, pengalaman berbeda, dan akan banyak mempelajari hal baru.

Kekurangan

  • Tidak ada jaminan kerja

Hal ini merupakan risiko terbesar menjadi freelancer. Sebuah pekerjaan yang sedang dijalani dapat sewaktu-waktu berhenti tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Hal ini juga tidak jarang dapat berdampak pada kesehatan karena Anda mengalami stres.

  • Tidak mendapat fasilitas kesehatan

Salah satu hal yang merugikan bekerja sebagai freelancer adalah keuntungan dalam hal jaminan kesehatan. Oleh karena itu, kesehatan menjadi salah satu prioritas utama yang perlu diperhatikan freelancer.

Menjadi seorang freelancer berarti berbagai hal harus Anda lakukan secara pribadi, termasuk dalam memastikan kesehatan tetap terjaga. Ikuti tips berikut ini agar Anda tidak mudah jatuh sakit dan tetap dapat bersemangat bekerja.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...