Cara sederhana untuk menghapus kontak duplikat dari smartphone Android

Cara sederhana untuk menghapus kontak duplikat dari smartphone Android

Menghapus satu per satu kontak duplikat itu secara manual memang dapat menjadi solusi. Namun tentu saja, proses ini akan berjalan lama dan membosankan. Oleh karena itu, diperlukan cara sederhana untuk menghapus kontak duplikat dari smartphone Android hanya dengan beberapa sentuhan jari tangan di layar.

Dikutip dari Ubergizmo, berikut ini juga cara menghapus kontak duplikat di smartphone Android.

CATATAN:

Back up terlebih dahulu semua kontak Anda sebelum melakukan tutorial ini, untuk mencegah hal-hal yang tidak diduga selama proses tutorial ini dilakukan.

image0

image1

1. Langung dari Kontak di Telepon

Banyak smartphone Android dilengkapi fitur "merge" atau "menggabung" kontak bawaan, meski tidak semuanya. Fitur ini akan memindai semua kontak dan menghapus kontak duplikat dengan nomor dan alamat e-mail yang mirip.

Caranya, akses aplikasi Contacts dan tekan tombol menu. Lalu tekan tombol "Merge accounts" dan selanjutnya tekan "Merge from Google". Kemudian, tekan "OK" dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.

Namun perlu diketahui, proses ini menggabungkan akun-akun kontak untuk menghapus kontak duplikat yang dibuat dalam beberapa akun. Karena itu, cara ini mungkin belum bisa mengatasi semua kontak duplikat.

image2

2. Menggunakan Gmail

Jika Anda biasa melakukan backup data, kemungkinan Anda pun mengaktifkan fitur sinkronisasi kontak dengan Gmail. Fitur ini merupakan fitur bawaan Android yang menyinkronkan semua kontak Anda dengan akun Gmail yang aktif di smartphone Anda.

Apabila diaktifkan, Anda dapat menghapus semua kontak duplikat tanpa menyentuh smartphone Android Anda sekalipun. Caranya, buka akun Gmail Anda di komputer, lalu klik "Contacts". Setelah itu, semua kontak Anda akan ditampilkan.

image3

Lalu klik "More" yang terletak di layar, klik "Find duplicates".

image4

Tunggu beberapa saat sampai Anda melihat kontak duplikat yang ada di smartphone Anda.

image5

Anda dapat menghapus tanda centang pada kontak yang Anda ingin biarkan tersimpan. Jika tidak, klik "Merge" dan tunggu prosesnya selesai.

image6

Cara ini akan berhasil menggabungkan semua kontak di smarpthone Android Anda yang terhubung ke akun Gmail.

image7

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store yang dapat Anda pilih untuk menghapus kontak duplikat. Di cara ketiga ini, aplikasi yang digunakan adalah Duplicate Contacts. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki reputasi yang baik di Google Play Store, dan yang terpenting, aplikasi ini gratis.

Unduh dan buka aplikasi aplikasi ini. Secara otomatis aplikasi ini memindai dan menampilkan semua kontak duplikat. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat menghapus tanda centang pada setiap kontak duplikat. Berikutnya, klik "Delete selected", kemudian klik "Yes" untuk menghapus semua kontak duplikat Anda.