Cara Sukses Jalani Resolusi Tahun Baru

Cara Sukses Jalani Resolusi Tahun Baru

WinNetNews.com - Menyambut tahun baru 2016, resolusi apa saja yang telah Anda persiapkan?

Tanggal 1 Januari yang akan datang, tak sedikit dari kita yang merasa terdorong dan wajib untuk membuat setidaknya beberapa perubahan hidup untuk memulai awal yang baru. Meskipun begitu, beberapa di antara kita biasanya mulai kehilangan ingatan dan minat untuk melakukan perubahan di minggu kedua Januari.

Melansir Glamour, Dan Collinson, Direktur Positive Psychology Learning, akan membantu Anda untuk mencari tahu apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memotivasi diri dan tetap berpegang teguh pada tujuan yang akan dicapai.

Anda dapat menentukan sendiri resolusi menarik seperti apa yang ingin dicapai, dan yang terpenting, jangan sampai Anda membuat resolusi berdasarkan permintaan dari orang lain. Tujuan yang hakiki dan berasal dari keinginan sendiri terbukti dapat meningkatkan upaya dan motivasi untuk sukses melakukan perubahan.

1. Tulis resolusi Anda.

Cara ini akan membantu Anda untuk memperjelas apa saja perubahan yang Anda inginkan di sepanjang tahun. Ketika membaca resolusi yang telah ditulis, menjadi kegiatan pertama yang Anda lakukan di pagi hari dan hal terakhir yang dilakukan di malam hari, hal ini akan membantu Anda untuk tetap mempertahankan motivasi dan menjaga agar resolusi tetap berada di garis depan dalam pikiran Anda.

2. Membentuk kebiasaan yang baru dan positif.

Ketika Anda harus menyerah terhadap sesuatu yang Anda suka sebagai bagian dari resolusi, pastikan Anda menggantinya dengan kebiasaan yang positif. Misalnya, jika resolusi Anda di tahun depan adalah untuk menurunkan berat badan, ketika Anda merasa ingin memakan cokelat, minumlah segelas air putih sebagai gantinya. Semakin sering Anda melatih kebiasaan baru ini, maka secara otomatis akan menjadi kebiasaan alami yang Anda lakukan.

3. Temukan aliran Anda.

Jika resolusi yang ingin Anda capai membutuhkan tantangan dan keterampilan tingkat tinggi, maka cara untuk tetap berada di jalur yang Anda pilih adalah dengan memiliki fokus yang lebih besar dan tetap terikat pada tujuan yang ingin dicapai.

4. Manfaatkan kekuatan Anda.

Temukan kegiatan yang menyenangkan, muncul secara alami, dan memberikan nilai lebih bagi Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih bersemangat dalam melaksanakan resolusi dan tidak terasa seperti melakukan pekerjaan rumah yang wajib. Menurut Collinson, menggunakan kekuatan diri terbukti lebih efektif untuk mencapai tujuan.

5. Tingkatkan ketekunan Anda.

Kunci agar Anda tetap berpegang teguh pada resolusi yang telah Anda buat adalah dengan berusaha untuk bangkit kembali dari kegagalan. Ketika Anda menghadapi sebuah masalah, cari jalur alternatif yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Apakah Anda pernah mengalami masalah yang sama sebelumnya? Bagaimana Anda mengatasinya? Anda juga harus berpikir apakah orang lain pernah mengalami masalah yang sama dengan Anda, lalu cari tahu bagaimana cara mereka mengatasi masalah tersebut. Jadilah orang yang kreatif.

6. Mulailah dengan langkah-langkah kecil.

Apa langkah terkecil yang dapat Anda ambil untuk tetap menjaga agar resolusi terus berjalan? Sering melakukan sesuatu yang kecil dapat menjadi katalisator untuk meningkatkan motivasi Anda untuk terus berada di jalan yang Anda pilih.

7. Merayakan kesuksesan.

Selalu ingatkan diri Anda pada resolusi yang akan dicapai dan yang telah dicapai secara teratur. Berikan penghargaan pada diri Anda ketika salah satu tujuan telah berhasil Anda raih. Emosi positif dapat membantu Anda untuk menjaga motivasi untuk meraih tujuan yang belum dicapai di tahun baru.