Image Cara Terbaik Melawan Diabetes dengan Menangani Faktor Risiko
ilustrasi
News  

Cara Terbaik Melawan Diabetes dengan Menangani Faktor Risiko

Rabu, 06 Desember 2017 16:47 WIB

WinNetNews.com - Diabetes mellitus (DM) atau kencing manis termasuk salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa penderita DM di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. 

Sekitar 47 persen dari penderita diabetes di Indonesia yang telah terdiagnosa mengidap DM. Bahkan, diagnosa tersebut cenderung terlambat terdeteksi di mana pasien biasanya sudah mengalami dua atau tiga komplikasi penyakit lainnya. 

Dapat dikatakan, DM merupakan induk dari berbagai jenis penyakit karena komplikasinya yang sangat banyak.

DM terdiri atas tiga jenis berdasarkan penyebabnya. Pertama, tipe 1 yang disebabkan oleh faktor keturunan ditambah faktor lingkungan dalam bentuk virus. DM tipe 1 ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merusak produksi insulin dari pankreas. 

Kedua, tipe 2 merupakan DM yang paling banyak terjadi, yaitu disebabkan oleh sejumlah faktor seperti gaya hidup tidak sehat, kegemukan, kurangnya aktivitas fisik, serta keturunan.

Ketiga, diabetes gestational yang menimpa perempuan hamil akibat peningkatan hormon.

Ahli penyakit diabetes dan endokrinologi dari Farrer Park Hospital Singapura, Dr Goh Kian Peng, mengatakan bahwa cara terbaik melawan DM adalah dengan menangani faktor risikonya. 

image0

“Faktor usia dan keturunan memang tidak dapat dirubah. Namun, olah raga dan diet adalah pilihan gaya hidup yang dapat kita tangani,” ujar Dr Goh.

CEO Farrer Park Hospital Singapore, Dr. Peng Chung Mien, mengatakan “kami menawarkan berbagai penanganan untuk bermacam kasus diabetes oleh para dokter spesialis endokrinologi di Farrer Park Hospital. 

Untuk menguji adanya penyakit diabetes, kami menyediakan beragam tes laboratorium untuk pasien rawat inap maupun rawat jalan dengan menggunakan analisa klinis yang modern. 

Sistem informasi mengenai penanganan dan pelaporan uji laboratorium juga sepenuhnya terintegrasi dengan sistem lainnya di rumah sakit ini. Sehingga, pasien dapat mengharapkan hasil uji laboratorium yang akurat, dapat diandalkan dan tepat waktu demi penanganan yang efisien dan efektif.

 

Bams Samson Mengaku Lebih Bebas Setelah Nggak Ngeband
Elvy Sukaesih Ingin Dhawiya Direhabilitasi Bukan Dipenjara

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun