Cara Test Kecepatan Internet di PC (Part 2)

Yudha Raditya
Yudha Raditya

Cara Test Kecepatan Internet di PC (Part 2)
image0

WinGamer.com –

Melanjutkan Pembahasan mengenai Test Kecepatan internet sebelum, Banyak orang yang selalu bertanya mengapa internet begitu lambat, apakah Bandwidth yang disediakan jasa pelayan internet sudah sesuai dengan apa yang kita bayarkan.

Berikut beberapa cara mengetes kecepatan internet di computer secara akurat :

• Selalu restart komputer sebelum pengujian

Sekali lagi, restart menjadi langkah standar dalam perbaikan hal-hal teknis. Sama sepertirouter dan modem, restart komputer (atau smartphone dan sebagainya) yang Anda gunakan untuk menguji koneksi internet adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Restart boleh jadi berdampak nyata pada tingkat keakuratan tes internet Anda.

• Jangan lupa menghapus tembolok peramban

Hal cerdas lainnya yang harus dilakukan sebelum menguji kecepatan internet adalah untuk menghapus tembolok (clear cache) peramban (browser) Anda. Anda harus melakukan hal ini sebelum setiap tes berikutnya, dengan asumsi Anda berencana untuk mengujinya beberapa kali secara berturut-turut.

Kebanyakan tes kecepatan internet bekerja dengan cara mengunduh dan mengunggah satu atau lebih file berukuran tertentu, dan kemudian menggunakan waktu yang file itu butuhkan untuk melakukannya guna menghitung kecepatan internet Anda.

Catatan: Anda dapat melewatkan langkah ini jika menggunakan aplikasi untuk menguji koneksi internet atau beberapa metode lainnya yang tidak menggunakan browser.

• Lakukan uji HTML5

image1

Terakhir, sangat disarankan untuk mengetes bandwidth Anda dengan tes berbasis HTML5, bukan berbasis Flash. SpeedOf.Me, TestMy.net, dan Bandwidth Place merupakan tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang direkomendasikan.

Diperkirakan bahwa tes berbasis Flash, seperti Speedtest.net dan Speakeasy yang sangat populer serta kebanyakan tes yang digawangi ISP, harus melakukan penyesuaian sebanyak 40 persen untuk mengimbangi kenyataan bahwa tes mereka menggunakan Flash.

Kesimpulan

Ingatlah, tidak ada tes kecepatan yang sempurna. Kelima langkah di atas ditujukan untuk meminimalkan 'gangguan' selama tes kecepatan internet. Itu memberikan kontribusi langsung terhadap hasil tes kecepatan yang lebih akurat.

Perlu diingat, bagaimanapun juga, apa yang anda uji dengan tes kecepatan internet adalah seberapa baik koneksi teraktual yang bekerja antara komputer atau perangkat Anda dan server pengujian itu sendiri.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});