Cara Yang Paling Ampuh Hilangkan Karatan Di Knalpot Motor

Cara Yang Paling Ampuh Hilangkan Karatan Di Knalpot MotorSumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Pipa saluran buang berada di bawah motor. Bagian ini menjadi yang paling sering terkena cipratan air kotor dan debu. Jika terlalu lama didiamkan, hal ini akan menimbulkan karat. Ada cara ampuh untuk membersihkan karat di knalpot. Seperti apa?

Tahap awal, Anda lepas dulu knalpot dari dudukannya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam membersihkannya. Kemudian, Anda siapkan ampelas halus dan kasar untuk membersihkan leher knalpot.

Kalau karatnya sudah tebal dan lumayan parah, Anda gosok karat yang menempel pada knalpot dengan menggunakan ampelas kasar sampai kuning karatnya hilang. Lalu, Anda gosok lagi dengan menggunakan ampelas halus untuk membersihkannya.

Setelah itu, bagian yang habis diampelas tadi disiram dengan menggunakan air bersih dan kemudian keringkan knalpot. Jika sudah kering, poles bagian knalpot yang berkarat dengan menggunakan autosol. Setelah selesai dipoles dengan autosol, siram dengan bensin dan kemudian pasang kembali knalpot ke motor Anda.

Knalpot harus dibersihkan minimal sebulan sekali untuk mencegah timbulnya korosi atau karat. Cara membersihkannya pun cukup mudah. Anda hanya harus menyiram dengan air dan kemudian dilap dengan kain bersih.