Cari Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Kondisi Kuku
Foto: Pexels/Vlad Chetan

Cari Tahu Kesehatan Tubuh Lewat Kondisi Kuku

Kamis, 8 Apr 2021 | 16:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Memiliki kuku yang cantik setelah melakukan manicure, memang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Selain memberikan kuku cat kuku, kamu juga perlu memerhatikan kesehatannya. Ini karena kuku bisa menggambarkan tentang kesehatan tubuh yang sering tidak disadari.

“Tampilan kuku bisa menandakan masalah kesehatan yang perlu ditangani. Sungguh menakjubkan bagaiamana tubuh manusia memberikan kita tanda-tanda ini,” kata OBGYN bersertifikat dr. Fares Diarbakerli dikutip The List.

Berikut ini adalah beberapa kondisi kuku yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui kesehatan tubuh.

Terkelupas

Kuku terdiri dari beberapa lapisan yang kuat, sehingga tidak mudah terkelupas. Namun jika ini terjadi, dr. Tsippora Shainhouse seorang dokter kulit bersertifikat di Beverly Hills menyebutkan, kalau kuku yang terkelupas disebabkan oleh dehidrasi.

Terdapat titik-titik

Apakah kamu pernah menyadari kukumu terdapat titik seperti terlihat ada lubang kecil? Jika iya, kondisi ini bisa menjadi tanda psoriasis/psoriatic arthritis. Menuurt Psoriatic Arthropathy Alliance (PAA), psoriasis kuku memengaruhi sekitar 50 persen orang dengan bentuk lain dari gangguan autoimun.

Nail clubbing

Nail clubbing atau dikenal sebagai digital clubbing, adalah kelainan bentuk pada kuku jari tangan dan kaki di mana kuku menjadi lebih cekung dan unjung jari membulat. Kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap, sehingga orang tidak menyadarinya.

Kuku patah

Mengetik di depan komputer setiap hari dapat menyebabkan cedera kuku. Tapi jika hal ini sering terjadi, kemungkinan karena kamu mengalami dehidrasi.

Untuk menghindari hal ini, kurnagi penggunaan pembersih tangan berbasi alkohol, cat kyku yang sangat mengeringkan, dan penghapus cat kuku (aseton).

Kuku kuning

Kuku yang warnanya berubah kuning dan bukan disebabkan oleh kunyit, bisa berujung pada sesuatu yang lebih serius.

“Kuku kuning bisa menjadi tanda infeksi jamur atau jamur,” kata Fares Diarbakerli.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...