Cari Tahu Penyebab Benjolan di Ketiak dan Cara Mengatasinya
Foto: Lume

Cari Tahu Penyebab Benjolan di Ketiak dan Cara Mengatasinya

Kamis, 19 Nov 2020 | 17:59 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Benjolan di ketiak mengarah kepada pembesaran salah satu kelenjar getah bening di bawah ketiak. Kelenjar getah bening merupakan struktur kecil berbentuk oval yang berada di seluruh sistem limfatik tubuh. Kelenjar getah bening penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Melansir Healthline, benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, lipoma (biasanya tidak berbahaya, pertumbuhan jaringan lemak jinak), fibroadenoma (pertumbuhan jaringan fibrosa non-kanker), hidradenitis suppurativa, reaksi alergi, infeksi jamur, iritasi setelah cukur atau menggunakan deodoran, dan reaksi terhadap vaksinaksi.

alergi deodoran
Foto: Unsplash/Ana Essentiels

Kebanyakan benjolan ini tidak berbahaya. Akan tetapi, jika benjolan tersebut semakin besar dan tidak hilang, maka sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Kondisi serius yang ditandai dengan benjolan di ketiak yakni kanker payudara, limfoma (kanker sistem limfatik), leukemia, dan penyakit autoimun.

Cara mengatasi benjolan di ketiak

Perawatan yang dilakukan tergantung pada penyebab yang mendasari penyebab timbulnya benjolan tersebut.  Jika benjolan disebabkan oleh alergi, maka benjolan tersebut akan mereda setelah melakukan perawatan dan menghindari pemicu alerginya.

Bahkan dalam beberapa kasus, benjolan di ketiak tidak memerlukan perawatan apapun, cukup melakukan observasi sederhana. Jika kondisi ini yang terjadi, maka kamu bisa mengompres benjolan dan menggunakan pereda nyeri.

Meskipun menurut kamu benjolan yang ada di ketiak tidak berbahaya, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan diagnosa yang akurat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...