Skip to main content

Carlos Slim Helu, Bos Telko yang Rendah Hati Walau Miliki Kekayaan Sekitar Rp 900T

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com - Berkat bisnis telekomunikasi yang digelutinya, Carlos Slim Helu pernah mampu bersaing dengan Bill Gates sebagai orang terkaya dunia. Beberapa kali ia berada di puncak, terakhir kali di tahun 2013. Walau kini agak tercecer di belakang, tetap saja hartanya selangit.

Menurut riset terbaru Forbes, harta Slim saat ini di kisaran USD 67,9 miliar atau di kisaran Rp 907 triliun. Dia chairman dan CEO perusahaan telekomunikasi Telmex dan American Movil. American Movil adalah operator terbesar Amerika Latin dan menyumbangkan sebagian besar kekayaan Slim.

Dikutip detikINET dari Financial Times, meski kekayaannya bisa membeli nyaris apapun keinginannya, Slim dikenal tidak neko-neko. Setidaknya, itulah yang tampak di permukaan. Dia kerasan tinggal di rumah lamanya di kota Mexico City selama puluhan tahun.

Setelah istri yang bersamanya selama 32 tahun meninggal dunia pada tahun 2009, Slim tidak menikah lagi. Salah satu kesenangannya adalah makan bersama enam orang anak dan para cucunya.

Slim juga diketahui lebih suka menyetir mobil sendiri, tidak menyewa sopir. Bahkan kabarnya, Slim tak punya komputer di meja kerjanya, ia lebih suka mencatat di buku.

"Kalau baru pertama kali bertemu dengannya, Anda tidak akan tahu kalau dia itu miliarder," kata wartawan Time, Tim Padget yang pernah mewancarainya.

Slim yang kini berusia 77 tahun, kabarnya juga tak punya pesawat atau kapal pesiar pribadi. Barang mewah kesukaannya adalah benda-benda seni yang antara lain menghiasi rumahnya.

Kisah hidupnya menjadi inspirasi. Slim bukan asli Meksiko, ayah dan ibunya adalah imigran dari Lebanon. Bakat bisnisnya menurun dari sang ayah yang pada tahun 1910-an berbisnis properti di Meksiko.

Sejak muda, Slim sudah gemar berinvestasi dan punya insting bisnis hebat. "Ketika aku masih sangat muda, mungkin umur 12 tahun, aku sudah mulai membuat investasi," kata Slim suatu ketika.

"Pada umur 25 tahun, aku sudah membuat beberapa perusahaan. Aku berpikir seperti seorang pebisnis, Aku menciptakan segala macam perusahaan dari yang kecil sampai agak besar. Aku coba terlibat dalam banyak aktivitas, dari keuangan, real estate, pertambangan," papar pria yang sekarang berusia 77 tahun itu.

Kerja keras dan insting bisnisnya membuat American Movil meraksasa. Operator itu kini melayani sekitar 290 juta pelanggan selular di Amerika Latin.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top