Catat! Ini Protokol Kesehatan Pelaksanaan Pemotongan Kurban Idul Adha
Foto: Kompas.com

Catat! Ini Protokol Kesehatan Pelaksanaan Pemotongan Kurban Idul Adha

Selasa, 28 Jul 2020 | 19:10 | Anggara Putera Utama
Winnetnews.com -  Pelaksanaan ibadah Idul Adha di tengah pandemi Corona tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Agar aman, penjualan daging kurban pun dianjurkan secara daring atau online.

drh Syamsul Ma'arif, MSi, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Kementerian Pertanian menjelaskan aturan yang dikeluarkan terkait panduan kurban di tengah pandemi Corona mengatur segala proses mulai dari penjualan hingga pendistribusian daging kurban ke setiap tempat. Shift atau pembagian waktu saat pemotongan pun dianjurkan untuk meminimalisir kerumunan.

"Kita juga mengimbau bagaimana pemotongan hewan itu dibuat shift-shiftan, supaya menghindari kerumunan, kita minta saat membagi daging itu maupun sepuluh atau dua puluh itu juga diatur siapa yang memotong, siapa yang membagikan," jelas drh Syamsul di siaran pers BNPB, dikutip dari detikcom, Selasa (28/7/2020).

Sementara itu, panduan kurban di tengah pandemi Corona yang dalam surat edaran Kemenag adalah sebagai berikut.

- Pemeriksaan kesehatan awal yaitu melakukan pengukuran suhu tubuh di setiap pintu atau jalur masuk tempat penyembelihan dengan alat pengukur suhu oleh petugas
- Panitia yang berada di area penyembelihan dan penanganan daging, tulang, serta jeroan harus dibedakan
- Setiap panitia yang melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan, dan pendistribusian daging hewan harus menggunakan masker, pakaian lengan panjang, dan sarung tangan selama di area penyembelihan
- Penyelenggara hendaklah selalu mengedukasi para panitia agar tidak menyentuh mata, hidung, mulut, dan telinga, serta sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer
- Panitia menghindari berjabat tangan atau kontak langsung serta memperhatikan etika batuk/bersin/meludah
- Panitia yang berada di area penyembelihan harus segera membersihkan diri (mandi) sebelum bertemu anggota keluarga.

Alat yang dipakai untuk menyembelih hewan kurban juga harus diperhatikan. Usai memotong hewan kurban, wajib untuk segera mandi. Berikut syarat lengkapnya.

- Melakukan pembersihan dan disinfeksi seluruh peralatan sebelum dan sesudah digunakan
- Membersihkan area dan peralatan setelah seluruh prosesi penyembelihan selesai dilaksanakan
- Menerapkan sistem satu orang satu alat. Jika pada kondisi tertentu seorang panitia harus menggunakan alat lain, maka harus dilakukan disinfeksi sebelum digunakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...