Catat Nih, 5 Makanan yang Tak Baik Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Sebelum Jam 10 Pagi
Ilustrasi roti bakar ( Photo shutterstock )

Catat Nih, 5 Makanan yang Tak Baik Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Sebelum Jam 10 Pagi

Minggu, 5 Apr 2020 | 17:37 | Muchdi

Winnetnews.com -  Sejumlah makanan ini tentu sangat dekat dengan meja makan saat sarapan. Makanan ini dianggap bisa memberikan manfaat luar biasa bagi Anda guna menjalankan aktivitas.

Namun siapa sangka, makanan yang begitu dekat dengan Anda sewaktu sarapan ini punya efek yang tak baik bagi tubuh.

Mulai dari kerusakan jantung, penimbunan lemak jenuh hingga membuat Anda kelaparan berkali lipat di waktu siang.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, berikut 5 makanan sarapan yang bisa merugikan Anda:

1. Roti Bakar Mentega

Tidak seperti apa yang dipikirkan kebanyakan orang, sarapan tidak harus berupa makanan tanpa lemak. Caranya adalah menemukan jenis lemak yang tepat untuk dimakan di pagi hari.

Mentega memang mengandung lemak yang membantu Anda memproses vitamin tetapi juga mengandung banyak lemak jenuh yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung Anda serta penambahan berat badan.

2. Sereal

Sarapan sereal adalah cara klasik dilakukan banyak orang. Meskipun sangat praktis, sereal sarapan paling populer memang mengandung sejumlah besar gula yang nantinya bisa menjadi lemak perut.

Studi ini juga menunjukkan sereal terkait dengan konsumsi kalori yang lebih tinggi.

Sebagai gantinya: Konsumsilah oatmeal buatan rumah yang bebas gula dan mengandung serat yang sehat dan hampir tidak mengandung gula.

3. Panekuk dan Wafel

Meskipun mudah dibawa saat terburu-buru, sebagian besar panekuk beku, wafel, dan kue kering mengandung karbohidrat olahan.

Ini tidak selalu buruk, tergantung pada diet Anda, tetapi karbohidrat olahan dapat membuat Anda merasa lebih lapar di siang hari.

Mereka juga mengandung sedikit atau tanpa serat dan banyak lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

4. Yoghurt

Yoghurt tanpa lemak telah menjadi alternatif yang tersedia secara luas untuk sarapan. Sayangnya, sering mengandung banyak gula.

Penelitian juga menunjukkan yoghurt penuh lemak sebenarnya membantu menurunkan berat badan. Konsumsi protein di pagi hari dapat membantu Anda merasa kurang lapar di siang hari.

5. Jus Buah

Kebanyakan jus buah mengandung gula setara dengan soda. Menurut penelitian, menjadikannya sebagai salah satu pilihan adalah hal buruk untuk sarapan.

Sebagai gantinya: Makanlah buah biasa. Ini cara yang bagus untuk mengaktifkan sistem pencernaan Anda di pagi hari dan menyiapkannya untuk asupan kalori yang lebih tinggi di waktu makan selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Liputan6.com dengan judul "5 Makanan Ini Tak Baik Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Sebelum Jam 10 Pagi"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...