Catat…Ini Nih 5 Ide Menu Sahur Praktis untuk Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi Oatmeal adalah salah satu menu sahur yang bisa dipilih untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. ( Istockphoto/ 4nadia )

Catat…Ini Nih 5 Ide Menu Sahur Praktis untuk Daya Tahan Tubuh

Jumat, 1 Mei 2020 | 15:02 | Muchdi

Winnetnews.com -  Masa pandemi virus corona membuat pertimbangan asupan makanan ditekankan untuk menjaga daya tahan tubuh. Terlebih, bagi mereka yang sedang menjalankan puasa Ramadan, penting untuk memilih menu sahur yang sesuai karena selama kurang lebih 13 jam dalam sehari tidak ada makanan atau minuman yang masuk.

"Banyak orang yang tidak begitu nafsu makan saat sahur. Minimal asupan yang masuk karbohidrat dan protein," kata Naufal M. Nurdin, dosen Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, saat sahur pun juga perlu memperhatikan asupan cairan. Tubuh lemas ketika berpuasa, kata dia, bukan karena tidak makan melainkan karena asupan cairan yang kurang.

Selain itu, Anda perlu memberikan tubuh asupan yang tepat saat sahur.

1. Oatmeal

Karbohidrat jadi komponen utama untuk santap sahur. Salah satu menu sahur untuk daya tahan tubuh ialah oatmeal. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang baik juga sumber serat. Oatmeal pun mengandung lebih banyak protein dan lemak daripada biji-bijian jenis lain.

Oatmeal membuat Anda merasa kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya. Bahan pangan satu ini pun bisa diolah jadi beragam menu baik yang manis atau asin. Oatmeal manis bisa diperoleh dengan mencampur oatmeal dengan susu juga potongan buah misalnya pisang atau stroberi. Sedangkan oatmeal asin bisa dibuat dengan campuran oatmeal, sedikit garam dan telur.

2. Roti dari biji-bijian

"Sahur sebaiknya mengandung makanan yang dicerna perlahan yang mengandung cukup energi untuk seharian. Ini termasuk karbohidrat kompleks dan makanan kaya serat," kata Milad Hilli, general practitioner yang berbasis di Inggris, mengutip dari The New Arab.

Biji-bijian merupakan bahan pangan yang mengandung karbohidrat kompleks maupun serat. Anda tak harus mengonsumsi biji-bijian langsung sebab di pasaran terdapat roti dari biji-bijian.

Melansir dari Nutrition, sebaiknya Anda tidak memadukan roti dengan makanan yang asin misalnya keju keras atau daging olahan, semisal sosis. Coba padukan dengan selai kacang, keju lembut atau pisang. Konsumsi cukup cairan misalnya air putih atau susu untuk mencukupi kebutuhan protein.

3. Yogurt

Protein berperan penting dalam sistem imun tubuh. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein bisa dengan mengonsumsi yogurt.

Selain protein, yogurt menyediakan nutrisi berupa, kalsium, iodin, vitamin B juga cairan. Kombinasikan yogurt dengan aneka buah-buahan atau dengan oatmeal.

4. Salad sayur

Sayuran dikenal mengandung serat dan membantu Anda merasa kenyang sehari penuh. Sayur pun menyediakan aneka vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Memadukan potongan sayur seperti baby spinach, selada, wortel dan ketimun serut plus minyak zaitun bisa memberikan Anda asupan serat sekaligus lemak sehat.

Untuk sumber protein, siapkan potongan telur rebus atau daging ayam fillet yang sudah dikukus.

5. Sereal kaya serat

Selain mi instan plus telur, alternatif sahur praktis adalah sereal. Pilih sereal yang banyak mengandung serat dan rendah gula. Selain serat, sereal-sereal ini juga kadang diperkaya dengan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan ekstra protein.

Nikmati sereal dengan susu sehingga Anda juga bisa melengkapi kebutuhan cairan tubuh. Sedikit madu pun bisa membuat sereal lebih memiliki rasa untuk membangkitkan selera makan dan memberikan nutrisi lebih.

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia.com dengan judul "5 Ide Menu Sahur untuk Daya Tahan Tubuh"

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...