Cegah Aksi Mencontek, Sekolah di India Minta Muridnya Gunakan Kardus saat Ujian

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Cegah Aksi Mencontek, Sekolah di India Minta Muridnya Gunakan Kardus saat Ujian Sumber: Times of India

Winnetnews.com - Baru-baru ini beredar sebuah foto yang memperllihatkan sejumlah siswa yang berada di sebuah kelas menggunakan kardus di kepala mereka, saat sedang mengerjakan ujian.

Foto tersebut ternyata berasal dari sebuah sekolah di Bhagat Pre-University College di kawasan Haveri, Karnataka, India.

Dilansir dari Times of India, foto-foto itu diambil saat para siswa sedang mengerjakan ujian kimia. Sedangkan penggunaan kardus ditujukan agar mereka tidak saling mencotek satu sama lain.

Menanggapi foto yang menjadi viral ini, perwakilan sekolah, Satish meminta maaf karena sekolah tersebut sudah menggunakan cara yang tidak lazim untuk mencegah kecurangan.

Ia mengatakan kalau ide tersebut muncul lantaran pihaknya beberapa waktu belakangan mendengar kalau ada banyak sekolah yang melakukan cara serupa.

Hingga akhirnya Bhagat Pre-University College pun memutuskan untuk meminta siswanya untuk menutup kepalanya dengan kardus saat sedang mengerjakan ulangan.

“Tidak ada paksaan dalam bentuk apapun. Kalian bisa lihat di foto itu, ada beberapa siswa yang tidak memakai kardus di kepala mereka,” kata Satish, sembari menjelaskan kalau tindakan itu diambil atas persetujuan dari para siswa.

Cara ini dianggap oleh Wakil Direktur Dewan Pendidikan Pre-Universitas setempat, Peerjade, apa yang dilakukan oleh Bhagat Pre-University College sangat tidak manusiawi.

“Ketika mendapat kabar tentang ini, aku segera pergi ke sana dan memerintahkan manajemen untuk menghentikan praktik penggunaan kardus saat ujian. Aku sedang memikirkan hukuman untuk manajemen kampus karena menerapkan ide ini,” ujar Peerjade.

Apa Reaksi Kamu?