Cegah Covid-19, Toko Kosmetik di Korsel Gunakan Teknologi AR
Foto: New York Post

Cegah Covid-19, Toko Kosmetik di Korsel Gunakan Teknologi AR

Senin, 6 Jul 2020 | 15:20 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Berbagai tekonologi kini dikembangkan untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di tempat publik. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) yang mulai diterapkan di toko kosmetik di Korea Selatan.

Lewat cermin berteknologi AR, perusahaan kosmetik dan skincare Amorepacific kini telah menyediakan cermin berteknologi AR yang memungkinkan konsumen untuk mencoba sebuah produk tanpa menyentuhnya.

Dikutip dari New York Post, teknologi AR di toko kosmetik ini nantinya akan memotret wajah pelanggan dan menganalisisnya, kemudian akan dianalisis lalu direkomendasikan produk yang sesuai berdasarkan tekstur kulit, serta masalah kulit lain seperti lingkaran hitam di mata atau kerutan.

Selain itu, teknologi ini juga memungkinkan konsumen untuk melihat foto hasil computer generated image (CGI) untuk kesuaian lipstik atau produk kosmetik lain tanpa perlu secara langsung.

Augmented Reality di Toko Kosmetik Korea Selatan
Penerapan teknologi AR di toko kosmetik Korea Selatan. (REUTERS/Heo Ran)

"Karena virus corona, rasanya tidak nyaman untuk mencoba kosmetik setelah dipakai orang lain di toko," ujar salah seorang konsumen.

Konsumen tersebut mengungkapkan, penerapan teknologi AR sangat memudahkan dalam menentukan warna yang cocok dan sesuai dengan warna kulit tanpa perlu mencoba langsung.

Guna mencegah penyebaran virus corona, pemerintah Korea Selatan mengimbau untuk masyarakat yang ingin berbelanja kosmetik untuk menjajal produk di punggung tangan dan bukan di wajah.

"Sebenarnya bikin frustasi jika tidak bisa mencoba kosmetik di wajah, tapi menyenangkan juga bisa menemukan produk yang tepat lewat teknologi AR," kata salah satu konsumen Son Da-hye.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...