Cegah Dehidrasi Saat Diare dengan Cara Berikut

Rusmanto
Rusmanto

Cegah Dehidrasi Saat Diare dengan Cara Berikut ilustrasi: infused water
Winnetnews.com - Diare yang parah dapat menyebabkan kekurangan cairan pada tubuh yang kemudian menjadi dehidrasi. Ketahui cara mencegah dehidrasi saat diare pada anak dan dewasa di sini.

Cara Mencegah Dehidrasi saat Diare

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan dari yang dibutuhkan sehari-hari. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Penyebab dehidrasi yang paling umum adalah diare, muntah, demam, buang air kencing atau keringat berlebih.

Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi serius di tubuh seperti syok, koma, heat injury, hingga kematian. Berikut ini adalah cara mencegah dehidrasi saat diare, yaitu:

1. Minum Air Putih Cukup

Cara mencegah dehidrasi saat diare adalah dengan minum air putih yang cukup. Jumlah air minum yang harus Anda minum tergantung pada kondisi tubuh Anda dan berapa cairan yang sudah terbuang dari tubuh.

Umumnya minum air putih 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas untuk orang dewasa, namun itu juga tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan dan diare yang Anda alami.

2. Kondisi Medis Tertentu

Jika Anda mengalami diare parah dan memiliki kondisi medis tertentu seperti inkontinensia atau gagal jantung  dimana Anda harus membatasi asupan cairan Anda, maka Anda tidak boleh langsung minum banyak air putih. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter.

Apa Reaksi Kamu?