Cegah Kelangkaan Masker Medis, Anies Imbau Masyarakat Gunakan Masker Kain
Foto: Tempo.co

Cegah Kelangkaan Masker Medis, Anies Imbau Masyarakat Gunakan Masker Kain

Minggu, 5 Apr 2020 | 09:26 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar seluruh warga ibu kota menggunakan masker dalam berkegiatan di luar rumah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Anjuran ini tercantum dalam Seruan Gubenur Nomor 9 Tahun 2020 tentang penggunaan masker untuk mencegah penularan Covid-19, yang ditandatangani Anies pada 3 April 2020.

Dilansir dari Suara.com, dalam Seruan Gubernur tersebut, untuk memutus penyebaran virus corona, Anies meminta masyarakat DKI Jakarta untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

"Selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali," kata Anies.

Ia juga berharap, masyarakat DKI untuk menggunakan masker jenis kain yang bisa dicuci.

"Menggunakan jenis masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci. Secara rutin mencuci masker yang digunakan, dikerjakan tiap hari," isi Seruan Gubernur DKI.

selain itu Anies juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membeli atau menggunakan masker yang diperuntukkan bagi tenaga medis.

"Tidak membeli dan atau menggunakan masker medis serta menyadari bahwa masker medis diprioritaskan untuk tenaga kesehatan," ucapnya.

Melalui Sergub tersebut, Anies juga mengarahkan warga DKI Jakarta untuk membeli ataupun membuat masker dari bahan kain dua lapis sesuai dengan kebutuhan.  Meski begitu, ia tetap meminta masyarakat untuk mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman, mencuci tangan dan melakukan etika saat batuk dan bersin.

"Bagi pengurus wilayah (Ketua RT RW KD PKK dan lain-lain) mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker di luar rumah," tambahnya. 

Selain, itu ia berharap dengan partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam memproduksi masker dan membantu sesama.

"Bagi yang ingin membantu sesama warga maka bantulah dengan mengadakan memproduksi dan membagikan masker kain," katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...