Cegah Masifnya Korupsi Politik, Parpol Diusulkan Punya Badan Usaha Sendiri

Gunawan Wibisono

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Cegah Masifnya Korupsi Politik, Parpol Diusulkan Punya Badan Usaha Sendiri
WinNetNews.com - Ketua Dewan Pembina MMD Initiative, Mahfud MD, mengusulkan agar partai politik (parpol) di Indonesia memiliki badan usaha sendiri seperti kehidupan parpol pada era Presiden Soekarno. Menurut Mahfud, hal ini penting untuk mencegah masifnya korupsi politik sekaligus membantu parpol yang masih kesulitan pendanaan.

"Saya lebih setuju parpol dibolehkan membuat usaha. Dulu tahun 1955 parpol boleh buat usaha. Ada yang mengelola perkebunan dan sebagainya," kata Mahfud.

Adanya aturan parpol membuat usaha lebih baik dibandingkan negara menambah insentif untuk parpol yang sekarang hanya sebesar Rp 108 per suara yang didapat dari pemilu. Pasalnya, mentalitas pengelolaan parpol masih buruk.

"Nanti kalau ada yang mau mendaftar sebagai calon legislatif (caleg) atau calon kepala daerah bisa dipatok uang lebih besar karena dari negara saja sudah besar maka baiknya disusun rumusan agar parpol bisa melakukan usaha. Sebab kita masih mengalami masalah mental," kata Mahfud.

Selain itu, dia berharap agar DPR memiliki ketegasan dan kemauan untuk menaikan ambang batas parlemen dari 3,5 persen menjadi 5 persen untuk menyederhanakan jumlah parpol.

"Jumlah parpol lima saja sudah cukup. Maka saya setuju kalau ambang batas 5 persen. Kalau mau tegas, DPR yang menentukan. Kalau sampai 5 persen, mungkin tak sampai lima parpol di parlemen, mungkin tiga atau empat," ujar Mahfud.

Di kesempatan lain, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menuturkan, demokrasi yang berlangsung di Indonesia belum ideal. Eksistensi parpol juga masih rentan karena kesulitan keuangan. Dia mengusulkan penaikan intensif negara untuk parpol dari Rp 108 menjadi Rp 5000 per suara yang diraih dalam pemilu.

Fadli juga mengusulkan, adanya regulasi yang membolehkan parpol membentuk badan usaha sendiri di samping memungut iuran anggota.

 

Foto: sihalohoisme.wordpress.com

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...