Skip to main content

Cegah Narkotika Jenis Baru, BNN Bentuk Tim Evaluasi

Cegah Narkotika Jenis Baru, BNN Bentuk Tim Evaluasi
Cegah Narkotika Jenis Baru, BNN Bentuk Tim Evaluasi

Jakarta, Winnetnews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) akan membentuk Tim Evaluasi New psychoactive substances (NPS) guna mencegah masuknya narkotika jenis yang saat ini tercatat 44 jenis baru.

"BNN mencatat terdapat 44 narkotika jenis baru atau 'New psychoactive substances' yang kini beredar di Indonesia. Bahkan didunia, UNODC mencatat terdapat 643 NPS beredar di masyarakat. Menyikapi hal tersebut, BNN terus mendesak agar NPS yang beredar di Indonesia dapat dimasukkan ke dalam daftar undang-undang narkotika agar tidak semakin disalahgunakan," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) BNN Kombes Pol Slamet Pribadi di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Sebelumnya Kementerian Kesehatan telah menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 13 tahun 2014 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Dalam Permenkes tersebut, 18 jenis NPS telah masuk ke dalam daftar golongan Narkotika.

"Awal bulan lalu, dilakukan pertemuan yang membahas tentang tindak lanjut dari 26 NPS lainnya yang belum masuk ke dalam daftar golongan Narkotika. Pertemuan tersebut dihadiri oleh BNN, Polri, Kementerian Kesehatan, serta para akademisi dan praktisi di bidang kesehatan dan ahli kimia," kata Slamet.

Hasil dari pertemuan tersebut, katanya, akan dibentuk Tim Evaluasi yang nantinya akan melakukan pengamatan terhadap trend NPS di pasar Narkotika dunia, baik yang telah masuk ke Indonesia maupun yang mungkin akan masuk ke Indonesia.

"Pertemuan akan kembali dilakukan akhir Juni mendatang untuk membahas lebih lanjut tentang pembentukan Tim Evaluasi yang nantinya akan berada di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan RI," kata Slamet.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top