Cegah Pelecahan Seksual, Baskara '.Feast' dan Kunto Aji Sebar Alarm Tanda Bahaya

Nurul Faradila
Nurul Faradila

Cegah Pelecahan Seksual, Baskara '.Feast' dan Kunto Aji Sebar Alarm Tanda Bahaya Sumber: Instagram

Winnetnews.com - Pelecehan seksual memang merupakan sebuah kejadian yang sulit untuk dihindari, karena bisa terjadi di mana saja. Misalnya saja saat sedang menonton konser musik.

Vokalis band .Feast, Baskara Putra dan solois Kunto Aji pun menginisiasi sebuah alarm perlindungan berupa tulisan S.O.S dengan latar belakang berwarna merah. Penggunaan GIF ataupun video ini bisa dilakukan saat dalam pertunjukan terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Melalui akun Twitternya, Baskara menuliskan bentuk gangguan yang dimaksud adalah seperti saat mengalami sesak napas, kehilangan barang pribadi, hingga tindak pelecehan.

“Teman-teman silakan download dan save di HP. Mulai sekarang, kami akan selalu mensosialisasikan tanda ini ke penyelenggara dan keamanan acara. Jadi besok-besol enggak harus nunggu diperhatikan performer. Sesama teman-teman penikmat musik/pengunjung juga saling jaga ya,” tulis Baskara di akun @wordfangs.

Gerakan ini berawal dari seorang pengguna Twitter yang membuat sebuah thread pengalaman ia menonton .Feat, lalu mendapatkan tindakan pelecehan dari penonton lain.

Baskara yang mengetahui hal ini pun merasa kesal, karena ini bukan pertama kalinya ia mendengar kalau ada penonton yang mengalami pelecahan saat sedang menonton konser. Dia pun segera memutuskan untuk membuat gerakan alarm tanda bahaya ini.

Pelantun ‘Rehat’, Kunto Aji pun menyampaikan hal serupa di akun Twitternya.

“Sebagai alarm bagi saya, team dan teman-teman yang berada di dalam arena panggung. Simpan ini masukan di folder khusus, jika kalian mengalami pelecehan, kekerasan atau kondisi fisik seperti mau pingsan dan sesak nafas, gunakan ini. arahkan ke belakang juga, saling jaga,” tulis Kunto Aji.

Gerakan tanda bahaya ini pun kemudian diapresiasi oleh musisi lain, seperti Danilla Riyadi.

“Di konser musik akan selalu ada kemungkinan terjadi pelecehan seksual (baik terhadap pria/wanita). Video & screen merah ide yg uhuy! Ada baiknya kita pun memahami medan & konsekuensinya dulu u/ ada di tengah kerumunan. Selalu waspada & saling menjaga!” tulisnya di akun Twitter pribadinya.

Apa Reaksi Kamu?