Cegah Penyakit Prostat dengan Merubah Gaya Hidup
ilustrasi

Cegah Penyakit Prostat dengan Merubah Gaya Hidup

Rabu, 5 Agt 2020 | 12:36 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Semua pria berisiko terhadap penyakit prostat. Sama seperti organ tubuh lainnya, prostat juga bisa mengalami masalah yang dapat membahayakan tubuh dan tentu mengganggu kegiatan, terutama pada kehidupan seksual Anda. Untungnya, Anda bisa mencegah penyakit prostat dengan menjalani pola hidup yang sehat.

Perubahan gaya hidup untuk mencegah penyakit prostat

Memang, semakin tua Anda akan semakin berisiko terhadap penyakit prostat. Bahkan, usia menjadi faktor terbesar yang bisa membuat kemungkinan terkena penyakit pembesaran prostat jinak (BPH) lebih tinggi. Meski demikian, Anda tetap bisa mengurangi faktor risiko lainnya dengan melakukan berbagai kebiasaan hidup sehat seperti berikut ini.

1. Menjaga berat badan dengan pola makan sehat

image0

Obesitas menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan berbagai penyakit prostat seperti BPH dan kanker prostat. Terutama ketika ukuran lingkar pinggang semakin bertambah, hal ini dipercaya juga turut diikuti dengan semakin membesarnya ukuran prostat Anda.

Selain itu, obesitas juga dapat menambah tekanan yang menghambat sirkulasi aliran darah. Ketika sirkulasi darah dari dan menuju prostat tidak berlangsung secara efisien, maka meningkatlah risiko mutasi genetik yang memicu kanker prostat.

Agar hal ini tak terjadi, Anda tentu harus segera mengubah pola hidup termasuk mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Cobalah mulai makan secara teratur tiga kali sehari di jam yang tepat dan dengan porsi yang secukupnya.

Terapkan juga diet seimbang, penuhi kebutuhan nutrisi dengan konsumsi makanan dari kelompok yang berbeda seperti karbohidrat, serat, dan protein. Berikut beberapa bahan makanan yang dikenal baik untuk dikonsumsi jika Anda ingin mencegah penyakit prostat.

  • Ikan. Beberapa jenis ikan terutama salmon, sarden, dan trout mengandung lemak baik yang dapat membantu dalam mencegah peradangan tubuh. Karena tubuh tidak bisa menghasilkan asam lemak omega 3, maka ikan bisa menjadi sumber yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Buah beri. Buah beri dikenal dengan sumber antioksidannya yang sangat baik untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit. Antioksidan membantu menetralkan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Beberapa buah yang bisa dipilih adalah stroberi, blueberry, dan raspberry.
  • Brokoli. Brokoli mengandung phytochemical sulforaphane yang dapat menargetkan sel kanker dan menjaga kesehatan prostat.
  • Tomat. Tomat terutama yang sudah dimasak memiliki kandungan antioksidan bernama likopen yang baik untuk sel kelenjar prostat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...