(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cegah Pikun Dengan Kontrol Gula Darah

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Cegah Pikun Dengan Kontrol Gula Darah

Wingamers - Mengontrol kadar gula darah dapat membantu mencegah demensia, sebagaimana studi yang dirilis selasa lalu menunjukkan harapan untuk pasien dengan diabetes yang mampu mengontrol kadar glukosa untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan jenis-jenis gangguan kognitif lainnya.

Para peneliti di University of Gothenburg di Swedia menemukan bahwa mereka (penderita diabetes tipe 2) dengan gula darah yang tidak terkontrol memiliki risiko 50 persen lebih tinggi untuk dirawat di rumah sakit dibandingkan dengan mereka yang terkontrol baik.

Demensia adalah gangguan pada otak yang mempengaruhi memori dan bersifat progresif. Dari banyak jenis demensia, penyakit Alzheimeir muncul paling banyak sampai 80 persen. Selain faktor degeneratif, demensia bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk penyakit sistemik.

Sebelumnya para ilmuwan menyatakan adanya hubungan antara peningkatan kadar gula darah dan penyakit Alzheimer. Namun para peneliti mengatakan ini adalah studi pertama berskala besar yang melihat bagaimana pengendalian glukosa dalam darah mengubah risiko demensia di masa depan.

Namun, para ilmuwan mengatakan hasil ini menggarisbawahi kebutuhan bagi penderita diabetes untuk memantau ketat kadar gula darah mereka dan untuk dokter agar secara aktif mengobati pasien diabetes juga mengatasi fungsi kognitif yang mungkin menurun.

Menurut Federasi Diabetes Internasional, 387 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit yang bisa berujung pada komplikasi serius jika tidak ditangani. Sementara, demensia mempengaruhi hampir 47 juta orang di seluruh dunia, dengan sebagian besar orang yang menderita penyakit Alzheimer, yang dapat terus memburuk hingga memicu perubahan perilaku, menurut Alzheimer Disease International.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});