Cek Yuk! Ada 575 Anggota DPR Dilantik Hari Ini
Gladi resik pelantikan DPR. [Foto: Republika]

Cek Yuk! Ada 575 Anggota DPR Dilantik Hari Ini

Selasa, 1 Okt 2019 | 08:53 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Meski di tengah animo massa yang menuntut pembatalan Revisi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan amandemen UU lainnya, 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik, Selasa (1/10)..Sejumlah nama baru hasil Pileg 2019 banyak bermunculan.

Beberapa wajah baru itu datang dari berbagai kalangan, mulai dari petahana, wakil rakyat di daerah, selebriti, mantan kepala daerah, bahkan mantan menteri mengisi kursi DPR. Melansir Detik.com, paripurna pelantikan anggota dewan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan agenda resmi, acara pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB. Mereka akan diambil sumpah atau janji untuk mengemban tugas selama 5 tahun ke depan.

Beberapa di antara anggota dewan yang terpilih di periode ini, ada sejumlah nama yang sudah lama mengisi gedung DPR. Di antaranya Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS.

Sementara itu, sejumlah wajah-wajah baru yang mewarnai keanggotaan DPR periode ini adalah Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019. Ketua KPU Arief Budiman membacakan satu per satu nama anggota DPR terpilih.

Namun, kemudian sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU tergantikan. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.

Selanjutnya, Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

Berikut 575 anggota dewan hasil ketetapan KPU:

Anggota DPR RI terpilih hasil Pemilu 2019

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...