(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cerita Megawati Saat Pilih Kampus Antara Unpad dan UI

Muchdi
Muchdi

Cerita Megawati Saat Pilih Kampus Antara Unpad dan UI

WinNetNews.com - Acara try out Nasional Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) di Gor Ciracas Jakarta Timur di buka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Try outserentak diadakan di 33 provinsi daerah lain Indonesia.

Dalam pembukaannya, dia menceritakan pengalamannya saat mendaftar PTN beberapa tahun silam, "Pengalaman ibu dahulu mendaftar dua perguruan tinggi, Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Indonesia (UI)," ujar Megawati di lokasi, Sabtu, 21 Mei 2016.

Dia pun menyarankan kepada para peserta try out memilih dua universitas yang berbeda dan memilih fakultas yang berbeda pula.

"Sebaiknya kalau memungkinkan jangan ambil satu universitas. Tetapi, tentunya kalau memungkinkan ambil dua dengan fakultas yang juga jangan sama. Karena akan membuka ruang untuk memungkinkan kalian bisa masuk, dan semoga berhasil dalam ujian yang ada," kata Megawati.

 

Presiden RI ke-5 ini pun memberi apresiasi kepada peserta yang antusias mengikuti try out. Dia mendengar ada peserta yang datang dari Jakarta Utara.

Teknis try out ini berusaha menyamakan dengan ujian penerimaan mahasiswa baru yang akan diadakan mendatang. Soal-soal try out yang diberikan ke peserta merupakan kompilasi dari soal-soal yang telah ada 10 tahun lalu.

"Jadi, try out ini juga istilahnya bukan cuma untuk bagaimana kitamengejawantahkan kemampuan kita, tetapi juga mengikuti prosedur aturan-aturan yang telah dibuat nantinya. Tidak perlu gugup, kalau gugup nanti malah salah. Fokus, harus fokus," ucap dia.

Mengawati menjelaskan, peserta try out ini diberikan soal buku yang disertai panduan secara teknis mengikuti SMBPTN. Dia menyebutkan sembari menunjukkan halaman buku bahwa dalam buku itu ada nama-nama seluruh PTN di Indonesia beserta fakultas-fakultasnya.

Di akhir sambutannya, Megawati memberi selamat berjuang untuk para pelajar peserta try out. "Insya Allah kalian dapat masuk dengan baik," kata dia.

Sumber:VIVA, Jakarta

Antara Foto:Yudhi Mahatma

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});