Cerita Pernah Ikut TWK, Politikus PDIP Ini Ungkap Pilih Negara daripada Agama
Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Cornelis

Cerita Pernah Ikut TWK, Politikus PDIP Ini Ungkap Pilih Negara daripada Agama

Rabu, 9 Jun 2021 | 13:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Cornelis ikut berkomentar soal tes wawasan kebangsaan (TWK) yang harus dijalani pegawai KPK untuk alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Karena masalah itu, kami dulu masuk Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) barangnya sama, kalau memang tidak mempunyai loyalitas terhadap negara, Anda minggir," kata Corneli saat rapat bersama Menpan RB Tjahjo Kumolo di DPR, Jakarta, Selasa (8/6).

Cornelis bercerita saat menjalani Diklat Khusus Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri (Suspimpemdagri) ketika zaman Menteri Dalam Negeri Rudini dirinya juga sempat mengikuti TWK. Ia mengaku lebih memilih negara dibandingkan agama.

"Ditanya mengenai radikalisme, agama (antara) Pancasila, mana yang Anda prioritaskan? Pilih negara lah, karena kita sebagai penyelenggara dan birokrasi di dunia ini hanya birokrasi sipil dan militer," ujar mantan Gubernur Kalimantan Barat ini.

Ia menilai, sebagai seorang ASN, sudah seharusnya mengedepankan kepentingan negara agar bisa menjlankan tugas dengan sebaik mungkin.

"Jadi tidak bisa negara dalam negara dan kalau sudah terjadi perpecahan seperti itu bagaimana mungkin mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu, tindakan bapak sangat tepat dan saya angkat topi dan hormat," ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...