(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cerita Sukses Merger XL Axiata - Axis Dijadikan Buku

contributor-one
contributor-one

Cerita Sukses Merger XL Axiata  - Axis Dijadikan Buku
WinNetNews.com - Aksi korporasi yang dilakukan PT XL Axiata Tbk (EXCL) saat mengakuisisi PT AXIS Telekom Indonesia (Axis ) dua tahun lalu cukup menyedot perhatian banyak pihak. Langkah tersebut terbilang cukup berani mengingat aksi korporasi ini jarang yang menemui keberhasilan.

Keberhasilan merger XL – Axis ini pun akhirnya dituangkan dalam sebuah buku yang diterbitkan oleh PPM Manajemen. Melalui buku yang berjudul “Sukses Merger XL – Axis, 70 % Merger & Akuisis Gagal" , Ningky Sasanti Munir Pakar Manajemen Strategi PPM Manajemen yang juga penulis buku tersebut menjelaskan bahwa bagaimana XL Axiata dan Axis bisa menyatu tanpa ada hambatan.

Ningky menyampaikan dalam dunia bisnis hanya 30 persen perusahaan yang berhasil melakukan merger dan akuisisi.

" Kami melihat proses merger dan akuisisi yang dilakukan oleh XL Axiata terhadap Axis dua tahun lalu, menjadi aksi korporasi paling sukses dalam sejarah industri telekomunikasi Indonesia. Padahal tercatat bahwa proses merger seperti ini potensi gagalnya mencapai 70%,"katanya saat Peluncuran buku "Sukses Merger XL – Axis, 70 % Merger & Akuisis Gagal" di Jakarta, Kamis (14/04)

Sementara itu, Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata mengatakan bahwa aksi korporasi yang XL lakukan dalam bentuk merger dan akuisisi adalah proses yang sebenarnya biasa. “Aksi ini menjadi fenomenal karena proses konsolidasi dua perusahaan belum pernah dilakukan oleh operator telekomunikasi,” kata Dian..

Menurut Dian, proses merger dan akuisisi seperti yang dilakukan perseroan sebenarnya memang tidak mudah. Selain menghadapi persoalan administratif juga harus sinkron dengan segala regulasi yang berlaku.

"Bukan hanya itu saja, aksi korporasi ini merupakan hal yang baru bagi operator baik menyangkut tatacara, substansi merger dan segala konsekuensi yang harus ditanggung XL terkait frekuensi yang dimiliki kedua perusahaan,"ujarnya

Dia menambahkan, pihaknya akan menjadikan cerita sukses buku "Sukses Merger XL – Axis, 70 % Merger & Akuisis Gagal"tersebut sebagai bahan sharing kepada berbagai kalangan. Sehingga pengelaman keberhasilan proses Merger XL-Axis bermanfaat bagi industri lainnya di indonesia.

"Kami akan berbagi pengelaman kisah sukses ini kepada berbagai kalangan, agar kisah sukses merger di industri telekomunikasi yang kami lakukan bisa bermanfaat juga bagi korporasi lainnya,"tutur Dian.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});