(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cewek Mesti Tau Nih Efek Samping KB Suntik

Oky
Oky

Cewek Mesti Tau Nih Efek Samping KB Suntik sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Seiring dengan bertambahnya kesadaran para pasangan berkeluarga tentang program Keluarga Berencana, minat dari pasangan usia subur untuk mengikuti program KB ini pun meningkat. Salah satu dari metode KB yang paling banyak peminatnya adalah KB suntik. Selain praktis karena disuntiknya 1 atau 3 bulan sekali, KB suntik juga angka keberhasilannya sangat tinggi.

Tapi tahukah anda, KB suntik juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa efek samping KB suntik yang mungkin selama ini belum diketahui.

1. Siklus haid bisa berhenti

Salah satu efek samping paling sering terjadi pada pengguna KB hormonal atau dalam hal ini KB suntik adalah gangguan siklus haid. Bahkan pada pemakaian jangka panjang, KB suntik dapat menyebabkan siklus haid berhenti. Pada awalnya, pengguna KB suntik akan mengalami siklus haid yang tidak teratur, selanjutnya karena lapisan bagian dalam rahim makin menipis, siklus haid bisa berhenti sama sekali.

2. Setelah berhenti menggunakan KB suntik, butuh beberapa waktu untuk hamil

Seorang wanita yang menggunakan KB suntik terutama pada pemakaian jangka panjang, butuh 10 sampai 22 minggu untuk subur kembali setelah penggunaan KB suntik dihentikan. Bila memang tidak mau menunggu kembalinya kesuburan terlalu lama maka sebaiknya mempertimbangkan penggunaan metode KB hormonal yang lain misalnya pil KB.

3. Membuat tulang menipis

KB suntik terutama Depo-Provera bila digunakan lebih dari 2 tahun dapat menyebabkan penipisan tulang. Penipisan tulang yang terjadi bahkan bersifat menetap artinya tidak kembali menebal setelah penggunaan KB suntik dihentikan. Untuk masalah ini, dokter biasanya menyarankan konsumsi suplemen kalsium dan Vitamin D agar kesehatan tulang tetap terjaga.

4. Sakit kepala

Sakit kepala adalah efek samping yang kerap dialami oleh pengguna KB hormonal termasuk KB suntik. Bila mengalami hal ini dan dirasakan menganggu sebaiknya mempertimbangkan untuk menggunakan metode KB yang lain.

5. Tidak mampu mempercantik kulit seperti Pil KB

Pengguna Pil KB terutama yang isinya kombinasi estrogen dan progesteron akan merasakan efek positif berupa kulit yang lebih bersih dan mulus. Hal ini karena kombinasi hormon ini mengikis kelebihan hormon testosteron yang mencetuskan terjadinya jerawat. Sayangnya, pengguna KB suntik tidak merasakan hal yang sama sebab di dalam KB suntik hanya terdapat hormon progesteron.

6. Perut kembung

Perut kembung atau keram biasanya dialami oleh pengguna KB suntik pada saat awal pemakaian. Tapi keluhan ini biasanya gak berlangsung lama.

7. Berat badan bertambah

Meskipun penyebab dari pertambahan berat badan ini masih belum pasti, namun beberapa studi memang menyebutkan terjadinya penambahan berat badan pada wanita yang menggunakan KB suntik.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});