(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Chevron Jalankan 2 Tahap Efisiensi Tenaga Kerja

Rusmanto
Rusmanto

Chevron Jalankan 2 Tahap Efisiensi Tenaga Kerja
WinNetNews.com - Anjloknya harga minyak dunia mendorong perusahaan migas melakukan efisiensi. Salah satunya adalah PT Chevron Pacific Indonesia.

Kepala Humas Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Elan Biantoro menjelaskan, Chevron melakukan dua tahapan efisiensi. Tahap pertama adalah memberikan percepatan pensiun yang dipermudah kriterianya ( voluntary ).

"Tahap ini sudah berjalan, cuma saya nggak tahu berapa jumlahnya," ujar Elan, Selasa (19/4/2016).

Kemudian, dilanjutkan dengan tahap kedua. Di tahap ini, Chevron melakukan perubahan organisasi.

"Organisasi yang tadinya gemuk dibikin slim. Kemudian pada saat mengubah organisasi tadi, ada yang namanya proses seleksi. Mana yang akan mengisi posisi-posisi organisasi itu. Pemilihannya ada tim konsultan yang menilai orang-orang tersebut," ujar Elan.

Bagi yang terpilih, maka bisa mengisi posisi-posisi yang telah disediakan dalam organisasi tersebut. Sedangkan bagi mereka yang tidak terpilih, bukan karena tidak bagus, tapi mereka dipindahkan ke bagian lain.

"Mereka mungkin dengan efisiensi ini, keahliannya, pekerjaannya mungkin tidak dilakukan lagi. Terpaksa dipindahkan ke bagian yang bukan bidangnya. Detailnya saya tidak tahu. Intinya, itu yang diatur sedemikian rupa oleh Chevron saat ini," terang Elan.

Dia menambahkan, tahapan pertama dan kedua tersebut sedang berlangsung. Selain itu, sikap SKK Migas dalam situasi ini adalah tetap tak menginginkan ada PHK sepihak.

disadur dari situs detik news

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});