China Janjikan Investasi ke RI

Rusmanto
Selasa, 11 Agustus 2015 14:12 WIB
Oleh Rusmanto pada Selasa, 11 Agustus 2015 14:12 WIB
Image China Janjikan Investasi ke RI

Pemerintah China lewat Menteri Komisi Pembangunan Nasional dan Reformasi, Xu Shaoshi, menyatakan komitmen negaranya untuk berinvestasi di Indonesia hingga Rp 1.300 triliun.

China juga siap mendukung proyek infrastruktur, transportasi, energi, hingga pertambangan yang masuk program pemerintah. Syaratnya, Indonesia harus memiliki proposal yang siap didukung pendanaannya oleh China.

"Mereka tawarkan siap mendukung pembangunan jalan, pembangkit listrik, industri baja sampai pelabuhan. Mereka minta serahkan daftar yang membutuhkan investasi. Mereka menyiapkan US$ 100 miliar," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago.

Selain membahas komitmen investasi dan pembiayaan, China juga membahas perihal rencana pembangunan kereta cepat atau High Speed Train (HST) atau kereta cepat rute Jakarta-Bandung.

"Kereta cepat, semua dipaparkan secara keseluruhan, banyak aspek seperti ekonomi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Xu menjelaskan, pihaknya telah mendengarkan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 Indonesia. Dari pemaparan yang diberikan oleh Bappenas Indonesia, Xu tertarik masuk untuk mendukung dari sisi investasi dan pembiayaan proyek.

"Kami sepakat melakukan kerjasama. Kami akan melakukan implementasi. Kami juga membahas kereta cepat Jakarta-Bandung. Pak Adrinof juga mendukung pembangunan kereta cepat," ujar Xu. (jk)

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Pulang ke Indonesia, Agnez Mo Jalan Bareng Pacar Barunya

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.