China Klaim Vaksin Jepang Efektif Tekan Angka Infeksi Covid-19
Foto: Nikkei

China Klaim Vaksin Jepang Efektif Tekan Angka Infeksi Covid-19

Rabu, 18 Mar 2020 | 11:52 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Sejumlah negara maju kini tengah berkompetisi meramu vaksin virus corona, seperti Jerman melalui perusahaan berbasis teknologinya, yakni CureVac. Lain lagi dengan Jepang, lewat perusahaan Fujifilm Holdings, otoritas China yang menyatakan sudah banyak pasien sembuh dari Covid-19 oleh pengembangan vaksin Jepang yang terbukti efektif ini.

Mengutip Tempo, Rabu (18/3), China berencana untuk secara resmi merekomendasikan penggunaan obat itu untuk penyembuhan virus corona. Fujifilm Toyoma Chemical mengembangkan favipiravir, dijual dengan merk Avigan.

"Ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan jelas efektif dalam pengobatan," kata Direktur Pusat Nasional Cina untuk Pengembangan Bioteknologi, Zhang Xinmin dalam konferensi pers, sebagaimana dikutip Nikkei, Rabu (18/3)

Fujifilm Toyama Chemical mengembangkan obat itu pada tahun 2014, dan telah diberikan kepada pasien di Jepang sebagai pengobatan untuk virus corona baru sejak Februari 2020.

Zhejiang Hisun Pharmaceutical menandatangani perjanjian lisensi paten untuk favipiravir dengan Fujifilm pada tahun 2016. Pembuat obat menerima izin untuk memproduksi obat dari otoritas China pada Februari dan dapat meningkatkan produksi versi generik.

Uji klinis dilakukan di RS di Wuhan dan Shenzhen, dengan 200 pasien berpartisipasi. Hasil tes untuk mereka yang menerima obat berubah negatif dalam periode yang lebih pendek, dan gejala pneumonia mereka membaik pada tingkat yang lebih tinggi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...