China Rilis Yuan Digital, Disebut Bakal Jadi Ancaman Serius Dolar AS
Ilustrasi

China Rilis Yuan Digital, Disebut Bakal Jadi Ancaman Serius Dolar AS

Senin, 26 Jul 2021 | 14:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  China berhasil mengembangkan Mata Uang Digital Bank Sentral atau Central Bank Digital Currency (CBDC). Peluncuran mata uang digital itu disebut bakal menjadi ancaman serius bagi status dolar Amerika Serikat sebagai cadangan moneter de facto.

Yuan Digital yang telah diluncurkan kepada lebih dari satu juta warga China itu juga dinilai menjadi ancaman bagi dolar AS karena Negeri Paman Sam sendiri masih berada pada tahap penelitian.

Kyle Bass dari Hayman Capital Management menilai kemunculan Yuan Digital akan mendorong ekspor China di sektor teknologi digital.

"Yuan Digital adalah ancaman terbesar bagi Barat yang kami hadapi dalam 30, 40 tahun terakhir. ini memungkinkan China menancapkan cakar mereka pada semua orang di Barat dan membuat mereka bisa mengekspor otorisasi digital," ungkapnya dikutip CNBC Internasional, Senin (26/7).

Dalam pengembangan mata uang digitalnya, Amerika Serikat sendiri melibatkan dua kelompok akni MIT Digital Currency Initiative (DCI) dan Federal Reserve Bank of Boston. Mereka kini tengah mengurai seperti apa mata uang digital yang sesuai bagi orang Amerika Serikat. Privasi adalah perhatian utama.

"Saya pikir jika ada dolar digital, privasi akan menjadi bagian yang sangat, sangat penting dari itu. Amerika Serikat sangat berbeda dari China,” kata Neha Narula, direktur MIT Digital Currency Initiative.

Salah satu kekhawatiran yang muncul dalam penelitian mengenai uang digital di AS adalah terkait aksesibilitasnya. Paw Research Center meneyebut 7 persen orang Amerika Serikat yang berasal dari kelompok lanjut usia tidak aktif menggunakan internet.

“Sebagian besar pekerjaan yang kami lakukan mengasumsikan bahwa CBDC akan hidup berdampingan dengan uang tunai fisik dan pengguna masih dapat menggunakan uang tunai fisik jika mereka mau,” kata Narula.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...