Cicipi Gurih & Manisnya Sate Kere Khas Pasar Beringharjo
sate kere pasar beringharjo khas yogyakarta / foto: istimewa

Cicipi Gurih & Manisnya Sate Kere Khas Pasar Beringharjo

Rabu, 3 Mei 2017 | 10:05 | kontributor

winnetnews.com - Berkunjung ke pasar Beringharjo, kamu akan banyak sekali menemui kepulan asap dengan aroma yang sangat menggoda. Asap itu berasal dari sate kere, makanan unik khas Beringharjo. Sate kere ini merupakan tetelan sapi yang disunduk kemudian dibumbui dengan merica, bawang putih, dan gula jawa.

Di solo juga ada sate kere, hanya saja sate kere yang berasal dari solo terbuat dari tempe gembus (tempe yang terbuat dari ampas tahu). kembali lagi ke sate kere Beringharjo, sate kere di pasar Beringharjo sangat banyak peminatnya. Apalagi harganya yang murah dan rasanya yang sangat gurih. Sate kere biasanya dijual dengan harga 2000 sampai dengan 4500 rupiah per sunduk.

Karena terbuat dari tetelan sapi, tekstur sate kere beringharjo ini agak kenyal. Ketika dibakar, sate yang satu ini akan mengeluarkan kepulan asap yang sangat banyak. Teksturnya yang agak gosong-gosong gimana gitu, membuat sate ini semakin nikmat untuk disantap. Sate kere juga biasa disantap dengan ketupat. Sate kere khas Yogyakarta ini punya rasa manis yang cukup mendominasi pada bumbunya, maklum namanya juga lidah orang jawa.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...