Skip to main content

Cina Bikin Menteri Susi Kesal Karena Arogan di Laut Indonesia

Cina Bikin Menteri Susi Kesal Karena Arogan di Laut Indonesia
Cina Bikin Menteri Susi Kesal Karena Arogan di Laut Indonesia

Cina dianggap tidak menghormati kedaulatan laut Indonesia.

"Kami kan saat ini tengah memerangi praktik illegal fishing. Tapi, kenapa Cina tidak menghormati kedaulatan kita. Bahkan Cina terkesan melindungi praktik illegal fishing yang dilakukan negaranya sendiri," jelas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat konferensi pers di rumah dinas menteri Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (20/3/2016). Susi akui kesal kepada Cina yang berperilaku arogan di laut Indonesia ketika TNI AL sebagai Satgas Illegal Fishing menangkap kapal Cina di perairan Natuna karena melakukan ilegal Fishing pada Sabtu (19/3/3016).

Hal tersebut terkait adanya penangkapan oleh TNI AL di laut Natuna, dimana TNI AL ini mendapati kapal KM Kway Fey 10078 melakukan praktik illegal fishing dan masuk ke Indonesia tanpa Izin. Kemudian setelah dilakukan penangkapan, kapal KM Kway Fey 10078 ini hendak dibawa ke perairan Natuna. Tetapi, tiba-tiba kapal Coastguard Cina datang lalu menabrak kapal KM Kway Fey kemudian ditarik dan dibawa pulang ke negeri asalnya.

Susi mengecam keras tindakan arogansi Cina ini. Pihaknya akan melayangkan protes keras secara diplomatik pada Cina dalam waktu dekat."Tentu kita akan melayangkan protes ini. Kita menghormati negara Cina, seharusnya pemerintah Cina bisa menghormati Indonesia yang sedang memerangi IUU Fishing. Ini akan kita proses segera," tegasnya.

Ia menduga, aksi yang dilakukan Coastguard itu untuk menyelamatkan kapal agar tidak ditenggelamkan dan menghilangkan barang bukti."Kan kalau kapalnya kita tangkap pasti akan kita ledakkan. Mungkin mereka nggak mau makanya mereka bertindak seperti itu. Ini baru indikasi kami. Tapi nggak apa-apa kapalnya dibawa, yang penting ABKnya berhasil kita amankan. Ini kan bisa jadi bukti juga," lanjut Susi.

Sumber&foto:suara.com

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top