Cirebon Gelar Karnaval Terbesar di 2016

Cirebon Gelar Karnaval Terbesar di 2016

WinNetNews.com - Festival Cirebon 2016 adalah festival karnaval di Cirebon pertama dan terbesar. Pemerintah Kabupaten Cirebon juga mengakui untuk menggelar acara ini perlu mengalokasikan dana yang cukup besar pula.

"Kami merupakan daerah pertama di Jabar yang mengadakan festival karnaval terbasar," kata Bupati Cirebon Sunjaya Puradisastra.

Dalam Festival ini, Cirebon akan mengisi acara dengan kirab budaya, pameran kepariwisataan dan lain sebagainya.

Festival Cirebon juga menunjang acara The Caruban Festival. Sebanyak 150 peserta direncanakan akan meramaikan "The Caruban Carnival 2016" yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang bertemakan The Imagine of Mask.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cirebon, Hartono , mengatakan karnaval akan dibuat mirip dengan Jember Fashion Carnaval dan bertujuan meningkatkan daya tarik wisata Kabupaten Cirebon yang direncanakan diikuti 150 peserta.

"Kami kerahkan pelajar SMA se-Kabupaten Cirebon, mahasiswa, hingga masyarakat umum, baik pelaku fashion maupun pelaku usaha pariwisata untuk sukseskan acara," katanya.

Sebagaimana karnaval pada umumnya, para peserta akan mengenakan kostum unik dan menarik di mata penonton, di mana nantinya kostum yang akan dikenakan tak jauh dari ornamen topeng yang mengacu pada kesenian tari topeng sebagai salah satu kesenian khas Cirebon.

Panitia juga akan menyediakan lima topeng yang akan dijadikan tema Cirebon ini. Kelima topeng Cirebon itu masing-masing Panji yang akan ditemakan "The Imagine of Panji", Samba (The Imagine of Samba), Rumyang, Tumenggung dan Kelana dan masing-masing topeng memiliki makna filosofis yang mengacu pada sifat-sifat manusia.

Acara akan digelar di Jalan Tuparev pada hari Minggu akhir Mei dari siang sampai sore hari.

"Kami akan agendakan festival ini setiap tahun ada, guna mempromosikan Cirebon ke Nasional," kata Sunjaya tanpa menyebutkan tanggal pasti untuk festival tahun ini.