Ciri-ciri Bila Sudah Saatnya untuk Mengganti Bantal
ilustrasi

Ciri-ciri Bila Sudah Saatnya untuk Mengganti Bantal

Sabtu, 26 Des 2020 | 15:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Bantal merupakan salah satu perlengkapan penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Oleh karena itu, mengganti bantal secara berkala penting dilakukan karena dapat mencegah penumpukan alergen sekaligus meningkatkan kualitas tidur. 

Aturan umumnya adalah bantal diganti bantal setiap 1-2 tahun sekali. Sering mencuci bantal dapat memperpanjang umur pakai, tapi tetap ada batasan berapa lama bantal dapat menopang kepala dan leher. Menggunakan bantal lebih dari 1 atau 2 tahun bisa pengaruhi kesehatan dan menyebabkan gangguan tidur.

Tanda Bantal Harus Diganti

image0

Kapan mengganti bantal yang dianjurkan? National Sleep Foundation menganjurkan Anda untuk mengganti bantal minimal 1 kali dalam setahun. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda harus mengganti bantal setiap 6 bulan sekali, yaitu:

1. Bantal Tidak Menopang Kepala dan Leher dengan Baik

Bantal yang tidak mampu menopang kepala dan leher dengan baik membuat Anda mengalami kaku dan nyeri leher di pagi hari. 

Tenaga pun tidak akan pulih sepenuhnya. Akibatnya Anda akan mengalami kesulitan untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

2. Bentuk Bantal Sudah Tidak Beraturan

Semakin tidak beraturan, semakin sulit bantal untuk disesuaikan dengan posisi kepala dan leher. Jika Anda tidur menggunakan bantal jenis ini, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan berbagai keluhan yang tidak diinginkan saat bangun.

3. Penampilan Bantal yang Kurang Bersih

Selain yang sudah disebutkan, bantal juga harus dijaga kebersihannya. Sebab, Anda menggunakannya setiap hari dan benda ini bersentuhan langsung dengan kulit kepala dan wajah.

Jika sudah mulai tampak kusam, usang, dan sulit dibersihkan, pertimbangkan untuk mengganti bantal tersebut dengan yang baru.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...