Ciri Kolesterol Tinggi, Susah Luruskan Jari Ke-4 dan Ke-5

Rusmanto

Dipublikasikan 4 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Ciri Kolesterol Tinggi, Susah Luruskan Jari Ke-4 dan Ke-5
detikcom

Winnetnews.com -  Jenis kolesterol tertentu untuk membangun sel-sel sehat. Namun hati-hati, komposisi yang tidak sehat dan kadar yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kolesterol sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh. Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL).

Adapun kolesterol tinggi umumnya tidak memicu gejala yang spesifik. Namun, seorang ahli dari dr Fox Online Pharmacy, dr Deborah Lee, menyebut adanya masalah dengan dua jari atau disebut kontraktur dupuytren lebih sering terjadi pada pengidap kolesterol tinggi. Kondisi ini membuat jari keempat dan kelima seseorang bengkok secara permanen.

Selain pada pengidap kolesterol tinggi, kontraktur dupuytren juga bisa dialami oleh mereka yang merokok, alkohol, dan mengidap diabetes.

"Banyak orang baru menyadari untuk pertama kalinya bahwa mereka memiliki kadar kolesterol tinggi, hanya ketika mereka dirawat di rumah sakit, dengan serangan jantung," lanjut dr Lee.

dr Lee juga menyebut gejala kolesterol tinggi lainnya dapat berupa arcus senilis atau tepi putih ke abu-abuan yang bisa dilihat di mata, hingga xanthelasma atau benjolan kuning keputihan yang terjadi pada wajah di sekitar mata dan hidung.

"Xanthomas tendon dapat terjadi pada buku-buku jari, lutut, tendon Achilles, atau pada tendon kaki. Murmur jantung, seperti stenosis aorta, mungkin juga bisa menjadi tanda," ucapnya.

Sementara itu, ahli kesehatan jantung dari Rumah Sakit Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, berpendapat bahwa keduanya tidak selalu berhubungan. Menurutnya, bisa saja seseorang mengidap kolesterol tinggi juga mengidap gejala dupuytren di waktu yang bersamaan.

Ia juga mengatakan masih banyak penyebab utama lainnya yang bisa memicu seseorang mengidap dupuytren, sehingga masih belum bisa dikatakan apakah kolesterol menyebabkan gejala tersebut atau tidak.

"Jadi walaupun ada pasien kolesterol tinggi dengan Dupuytren kita masih belum bisa mengatakan kolesterol tinggi menyebabkan hal tersebut apalagi tidak bisa juga menyebut Dupuytren tanda kolesterol tinggi," tutur dr Vito saat dihubungi detikcom, Selasa (21/6/2022).

"Saya belum pernah menemukan dan dupuytren pun banyak penyebab lainnya yang lebih utama, kolesterol tidak terlalu berhubungan dengan kondisi tersebut," lanjutnya.

Sedangkan untuk gejala kolesterol tinggi berupa xanthelasma dan arcus senilis, dr Vito menyebut kedua gejala tersebut memang dikenal sebagai salah satu prediktor hypercholesterolemia alias gejala kolesterol tinggi yang kerap ditemukan.

"Itu memang sering. Xanthelasma dan arcus senilis memang salah satu prediktor hypercholesterolemia yang bisa kita lihat dari pemeriksaan klinis," ucapnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Susah Luruskan Jari Keempat dan Kelima, Tanda Kolesterol Tinggi? Cek di Sini"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...