(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ciri Maag Kronis yang Harus Kamu Tahu Sebelum Terlambat

Oky
Oky

Ciri Maag Kronis yang Harus Kamu Tahu Sebelum Terlambat Sumber foto : Istimewa

WInnetnews.com - Penyakit maag memang sudah biasa menyerang manusia. Saking dianggap sudah jadi penyakit biasa, biasanya orang membiarkan penyakit maag tanpa perawatan berarti.

Tapi juga harus tahu kalau maag bisa jadi penyakit yang kronis dan membahayakan tubuh kita jika tidak ditanganti dengan perawatan yang tepat.

Agar kamu lebih mewaspadainya, kamu perlu tahu mengenai ciri-ciri maag kronis. Sangat penting untuk kamu ketahui karena maag kronis bisa terjadi secara mendadak atau tidak terduga. Ketahui ciri-cirinya agar kamu bisa mengambil tindakan yang tepat sebelum terlambat.

1. SAKIT PERUT BAGIAN ATAS

Sakit perut memang menjadi ciri-ciri maag kronis yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan maag menyerang lambung sehingga perut bagian atas terasa sangat sakit. Rasa sakit yang dirasakan biasanya berupa sakit seperti melilit, nyeri, perih dan sangat menyiksa.

Rasa sakit ini muncul karena adanya pembengkakan pada perut. Hal ini menyebabkan perut tidak bisa menerima makanan. Sebagai akibatnya, maag justru akan lebih parah. Hal ini memicu lemahnya tubuh pasien.

2. MUAL DAN MUNTAH

Ciri-ciri maag kronis yang harus kamu kenali selanjutnya adalah mual dan muntah. Pada awal gejala maag, mual dan muntah memang sering terjadi. Namun ketika maag berubah menjadi kronis atau akut, keadaannya menjadi semakin memburuk.

Mual dan muntah terjadi karena asam lambung yang berlebihan naik ke perut bagian atas. Jika sudah begini, pasien akan kesulitan untuk makan. Perawatan secepatnya sangat diperlukan agar keadaan tidak semakin memburuk.

3. KEMBUNG

Kembung diakibatkan oleh adanya peradangan di lambung akibat asam lambung yang berlebihan. Jika tidak segera ditangani, gangguan lain seperti kesulitan buang gas akan mengakibatkan pasien semakin menderita. Jika kamu merasakan sering kembung, bisa jadi ini ciri-ciri maag kronis.

4. TUBUH LEMAH

Ketika maag kronis menyerang, maka tubuh akan melemah. Selain karena tidak adanya asupan makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh, tubuh juga menahan rasa sakit akibat banyaknya asam lambung. Jika sudah sampai dalam tahap seperti ini, perawatan intensif di rumah sakit menjadi langkah terbaik.

5. MUNTAH DARAH

Muntah darah merupakan salah satu ciri-ciri maag kronis yang menandakan bahwa kondisi maag sudah sangat buruk. Pasien maag kronis juga bahkan mungkin sudah tidak bisa menerima makanan karena sakit, mual dan muntah yang berlebihan. Jika muntah darah terjadi, perawatan intensif harus dengan segera dilakukan agar tidak menimbulkan penyakit lain yang menyerang pencernaan.

6. FESES BERDARAH

Ketika kondisi maag sudah sangat parah karena tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka bisa menimbulkan pendarahan pada bagian usus besar. Hal ini berakibat feses pasien berdarah. Kamu perlu waspada terhadap ciri-ciri maag kronis ini.

Untuk kamu yang sering telat makan dan kemudian muncul gejala-gejala seperti di atas, kamu harus segera mencari pertolongan medis. Karena bila terjadi secara mendadak dan keadaan bisa semakin memburuk, penderita maag kronis memerlukan perawatan intensif yang sudah pasti memakan biaya tidak sedikit.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});