(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cobain Deh! 7 Cara Bertengkar yang Sehat untuk Kamu dan Dia

Cindy
Cindy

Cobain Deh! 7 Cara Bertengkar yang Sehat untuk Kamu dan Dia Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com - Setiap menjalin hubungan percintaan pasti ada suka dukanya. Setiap orang mempunyai sifat dan kebiasaan yang berbeda-beda. sehingga, pertengkaran dalam sebuah hubungan itu bisa saja terjadi. Tinggal bagaimana kamu dan pasanganmu menyiasati bagaimana cara bertengkar yang sehat, supaya pertengkaran tidak menimbulkan dendam berkepanjangan tetapi justru membuat kamu dan pasanganmu jadi seseorang yang lebih baik.

Menurut psikolog, pertengkaran adalah hal yang wajar dalam suatu hubungan dan justru lebih baik daripada tidak ada pertengkaran sama sekali. Pertengkaran memicu rasa tidak nyaman dalam jangka pendek, tapi jika dilakukan dengan cara yang benar bisa bermanfaat untuk hubungan kedepannya. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, dibawah ini ada tujuh cara bertengkar yang bisa kamu lakukan dengan sehat saat hubungan kamu dan pasanganmu mulai berbeda pandangan atau pendapat.

1. Jangan melenceng dari topik

Jika kamu bertengkar karena kebiasaan pasanganmu, ingat jangan! merambah ke mana-mana yah. Jika salah satu dari kalian melenceng, ingatkan untuk kembali pada inti awal permasalahan agar penyelesaian juga lebih jelas. Dengan ini pertengkaran kalian menjadi lebih sehat.

 

2. Kenali tipe kepribadian pasanganmu dan hormati dia

Dalam pertengkaran, kamu harus bisa mengenali karakter pasanganmu. Kenali tipe dirimu dan pasanganmu lalu cobalah untuk saling menghormati kepribadian kalian. Berikan waktu jika dibutuhkan.

 

3. Jangan bertengkar di kamar tidur

Nah kalo ini untuk pasangan suami istri. Kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan mencari ketenangan. Jika kamu bertengkar di kamar, kamu tidak akan beristirahat dan mencari ketenangan.


4. Cari tau cara meminta maaf yang cocok untuk pasanganmu

Biasanya ada orang yang suka meminta maaf dengan cara biasa atau romantis. Tapi ada juga yang lebih membutuhkan kata-kata yang jelas atau tindakan yang nyata. Pelajari cara yang tepat untuk meminta maaf ke pasanganmu biar lebih harmonis.

5. Dengarkan isi hati pasanganmu

Cobalah untuk selalu mendengarkan pasanganmu tanpa menyela. Hal ini memang susah untuk dilakuin. Contohnya, jika pasanganmu bilang dia merasa kamu gak peduli dengan dia, coba tanyakan, apa yang membuat dia gak peduli lagi. Dengan cara ini pertengkaran kalian pasti bisa diselesaikan dengan cepat dan baik.

6. Buat permintaan bukan omelan

Kebanyakan orang seringkali mengomel tentang kebiasaan pasangannya yang tidak disukai, coba katakan langsung ke pasangan, jangan ngedumel sendiri. Dengan cara ini dijamin pasanganmu akan lebih mengerti kamu.


7. Pilih waktu bertengkar

Ingat ya, jangan pernah memulai pertengkaran jika kalian berdua gak punya waktu yang pas jika ingin bertengkar secara sehat. Pilih waktu yang tepat untuk bertengkar, contohnya saat waktu kalian sudah bebas dari kerjaan. Jangan pernah bertengkar melalui telepon atau media sosial, hal ini bisa berdampak buruk untuk hubungan kamu dan dia.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});