Skip to main content

Cocok untuk Sarapan Hanya Rp 10.000, Nasi Gudeg Bu Niek

Cocok untuk Sarapan Hanya Rp 10.000, Nasi Gudeg Bu Niek
Cocok untuk Sarapan Hanya Rp 10.000, Nasi Gudeg Bu Niek

Jika anda berlibur ke Jogyakarta dan ingin sarapan gudeg yang lezat dan murah, datang saja ke Gudeg Bu Niek yang berada di Pasar Kluwih, Suryoputran, Kelurahan Panembang, Kecamatan Keraton.

Sebagian besar gudeg yang dijual pagi untuk sarapan adalah gudeg basah, termasuk gudeg Bu Niek ini. Niek Sumilartini (53) setiap harinya berjualan gudeg hanya menggunakan gerobak sederhana.

Meskipun tempat jualanya sederhana, tetapi rasa gudeg basah Bu Niek sangat nikmat. Satu porsi gudeg berisikan nasi, gudeg, sambal goreng krecek, areh, tahu dan lauk. Gurihnya areh (kuah santan kental), legitnya gudeg, berpadu pas dengan pedasnya sambal goreng krecek.

Untuk lauknya sendiri ada beberapa pilihan, seperti ayam, ayam suir, telur. Ayam yang digunakan Bu Niek adalah ayam kampung yang memiliki rasa lebih gurih. Meskipun menggunakan ayam kampung, tetapi dagingnya sangat empuk.

image0

Gudeg yang terbuat dari nangka muda, harus dimasak seharian untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang pas. Bumbu yang digunakan untuk membuat gudeg adalah bawang merah, bawang putih, salam, laos, gula jawa, garam.

Untuk sambal goreng krecek, bumbu-bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabai, gula merah. Untuk rasa yang lebih pedas, terdapat cabai rawit di sambal goreng tersebut.

image1

Gudeg Bu Niek menjadi pilihan sarapan lezat dengan harga yang sangat ramah. Satu porsi nasi gudeg suwir ayam, harganya hanya Rp 8.000, gudeg telur Rp 7.000, gudeg suir dan telur hanya Rp 10.000. Sedangkan untuk nasi gudeg gending dan mentok dibanderol Rp 24.000 per porsi.

Selain nasi ada juga pilihan bubur untuk menyantap gudeg. Setiap harinya gudeg Bu Niek buka dari jam 6 pagi hingga hingga jam 10 pagi. Jangan datang terlalu siang, jika ingin menikmati lezatnya gudeg Bu Niek.

Tempat berjualan Bu Niek ini berada di sisi timur Keraton Yogyakarta. Jika Anda dari Alun-Alun Utara Yogyakarta, arahkan tujuan Anda ke arah timur hingga pertigaan plengkung Wijilan. Dari pertigaan tersebut kemudian ke selatan sekitar 500 meter hingga menemukan tanda arah Polsek Keraton. Ikuti tanda tersebut dan anda akan menemukan pasar Kluwih

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top