Comeback Di Waktu Berdekatan, Netizen Soroti BTS & IZ*ONE Yang Mendominasi Chart Melon
Foto: Allkpop

Comeback Di Waktu Berdekatan, Netizen Soroti BTS & IZ*ONE Yang Mendominasi Chart Melon

Senin, 24 Feb 2020 | 15:57 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - BTS dan IZ*ONE merupakan salah satu grup K-Pop yang melangsungkan comeback pada bulan Februari. Comeback mereka digelar dalam waktu yang berdekatan. Kedua grup juga memiliki prestasi yang berbeda namun sangat membanggakan bagi para penggemar. 

IZ*ONE comeback dengan merilis album berjudul "BLOOM*IZ" pada 17 Februari lalu setelah kurang lebih 3 bulan hiatus. Sementara BTS merilis album terbaru mereka "Map of The Soul: 7" pada 21 Februari lalu.

Tangga lagu di Korea Selatan langsung dipenuhi oleh lagu-lagu dari album terbaru mereka, salah satunya di situs MelOn. Selain itu, BTS sukses memuncaki iTunes di 91 negara dan meraih Real Time All-kill sebanyak 40 kali. Sementara IZ*ONE sendiri mencetak sejarah sebagai girl group K-Pop pertama yang melampaui penjualan album 300,000 kopi di situs Hanteo.

Menyoroti pencapai BTS dan IZ*ONE, sebuah postingan di situs komunitas online TheQoo menyoroti fenomena ini di mana BTS dan IZ*ONE mendominasi chart MelOn. Postingan ini menuai banyak perhatian dari netizen.

image0

image1

Netizen menilai penggemar yang streaming lagu grup favorit mereka hingga lagu-lagu tersebut mendominasi chart musik tak jauh berbeda dengan sajaegi (praktik manipulasi chart musik). Sementara yang lain membela dengan mengatakan bahwa apa yang dilakukan penggemar BTS dan IZ*ONE adalah hal yang normal mengingat mereka juga bagian dari publik, berbeda dari sajaegi yang merupakan praktik untuk memanipulasi tangga lagu.

"Apa bedanya ini dari sajaegi?" kata seorang netter.

"Sejujurnya aku lelah melihat lagu-lagu idol K-Pop mendominasi chart. Tidak ada keberagaman sama sekali," tutur netter lain.

"Yah, kalau dua grup ini tidak memuncaki chart, orang-orang akan bilang mereka kehilangan popularitas," sahut netter lain.

"Pada titik ini dengan banyaknya penggemar di fandom mereka, ini adalah opini (pilihan) publik. Fandom-fandom itu adalah publik," tutur netter lain. 

"Aku pikir kalian saja yang membatasi diri. Terbukalah dan dengarkan beberapa lagu ini. Mereka bagus dan itulah kenapa lagu-lagu ini memuncaki chart," ucap yang lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...