Commitment Fee Formula E Masih Utang Rp90 Miliar, Begini Penjelasan Jakpro

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Commitment Fee Formula E Masih Utang Rp90 Miliar, Begini Penjelasan Jakpro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) menyalami pembalap tim Mercedes-EQ Formula E Nyck De Vries (kanan) saat Meet and Greet Pebalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6). (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Winnetnews.com - PT Jakarta Propertindo (JakPro) memberikan penjelasan soal pembayaran commitment fee untuk penyelenggaraan Formula E Jakarta yang masih kurang Rp90 miliar. Jakpro menyatakan kesepakatan tersebut sudah tertuang dalam hasil renegosiasi dengan Formula E Operation (FEO).

"Kan dari dulu, kan 12 (juta pound sterling). Per tahunnya 12 juta pound sterling, udah dari awal," kata Direktur Utama PT JakPro Widi Amanasto kepada wartawan, Selasa (21/6).

Menurut Widi, dalam hasil renegosiasi disebutkan Jakpro masih harus membayar biaya commitment fee sebesar 12 juta per tahun. Sehingga, total commitment fee yang harus dibayar untuk 3 musim penyelenggaraan sebesar 36 juta pound sterling.

Widi menyebut Jakpro telah membayar sebesar 31 juta pound sterling atau setara dengan Rp 560 miliar. Sisa kewajiban yang harus dibayar, lanjutnya, yakni sebesar 5 juta pound sterling atau sekitar Rp 90 miliar.

"Itu yang sudah dibayarkan jadi 3 tahun, kan per tahunnya 12 juta pound sterling. Dinego, dari 20 sekian jadi 12, tapi sisanya nanti," ucapnya.

Sebelumnya, BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta. Disebutkan Pemprov DKI melalui Jakpro masih harus membayar 5 juta poundsterling atau Rp90 miliar terkait commitment fee penyelenggaraan Formula E Jakarta.

Dari dokumen LHP tersebut, diketahui biaya penyelenggarana Formula E selama 5 musim yakni 2019-2024 terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel,

"Total biaya tetap berupa commitment fee yang setiap tahun wajib dibayarkan selama 5 musim penyelenggaraan adalah senilai GBP 122.102.000 (sekitar Rp 2,2 triliun). Sedangkan asumsi biaya variabel berupa biaya pelaksanaan Formula E yang akan dikeluarkan oleh PT JakPro adalah senilai Rp 1.239.000.000.000," demikian tertulis dalam dokumen LHP itu.

Namun, Jakpro dan Formula E Operation (FEO) melakukan renegosiasi dan sepakat pelaksanaan Formula E Jakarta untuk kontrak 3 tahun yakni 2022-2024 dengan total biaya  36 juta pound sterling (sekitar Rp 653 M).

"Dan sampai dengan tahun 2021 telah dilakukan pembayaran sebesar 31 juta pound sterling (sekitar Rp 563 M). Sisa kewajiban commitment fee sebesar 5 juta pound sterling akan dibayarkan oleh PT JakPro di tahun ke-3 dengan dana non-APBD," lanjut dokumen tersebut..

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...