Skip to main content

Coto Makasar Kuliner Istana di kerajaan Gowa

Coto Makasar Kuliner  Istana di kerajaan Gowa
Coto Makasar Kuliner Istana di kerajaan Gowa

image0

wingamers.com - Coto makassar sendiri merupakan hidangan asal Sulawesi Selatan yang kini biasa dikonsumsi oleh mayarakat umum.Pada zaman dahulu coto makassar ini juga sering menjadi hidangan bagi kalangan istana di kerajaan Gowa.

Coto Makassar telah ada sejak Somba Opu (pusat Kerajaan Gowa) berjaya pada tahun 1538 hingga saat ini. Di Jakarta sering kita jumpai rumah makan yang terletak di pinggir jalan menjual menu makanan bernama coto makasar ini.

Kuliner lezat asal makassar ini dipengaruhi oleh kuliner Cina yang datang sejak abad ke-16. Sebab coto makasar menggunakan sambal tao-co yang merupakan bagian dari kuliner khas negeri Cina.

Biasanya coto makasar disajikan bersamaan dengan burasa atau ketupat. Cita rasa khas yang membuat coto makasar ini begitu nikmat adalah tradisi pembuatannya yang dimasak secara khusus di dalam kuali tanah yang disebut korong butta atau uring butta. Selain itu beberapa rempah-rempah juga digunakan dalam pembuatan kuliner nikmat ini.

Rempah-rempah yang digunakan dalam proses pembuatan cotto makasar terdiri dari kacang, kemiri, cengkeh, pala, foeli, sere yang ditumbuk halus, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, jintan, ketumbar merah, ketumbar putih, jahe, laos, daun jeruk purut, daun salam, daun kunyit, daun bawang, daun seldri, daun prei, lombok merah, lombok hijau, gula talla, asam, kayu manis, garam, papaya muda untuk melembutkan daging, dan kapur untuk membersihkan jerohan. Rempah-rempah tersebut biasa disebut dengan rampah patang pulo (40 macam rempah).

Tahukah Anda? bahwa rasa khas coto makasar yang kental dan diramu dari berbagai macam rempah-rempah ini juga berfungsi sebagai penawar zat kolesterol yang terdapat dalam hati, babat, jantung, limpah dan lain-lain.

Lalu dimana sih tempat makan coto makasar yang bisa dijadikan rekomendasi di sekitaran kota Jakarta?

Ayo share pengalaman kalian mencicipi coto makasar di sini! (rk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top